Tahun Ini Disdikbud Kaltara Siapkan 40 Guru SMK Mengambil Sertifikasi Bidang

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) agar dapat bersaing dan mampu bekerja saat memasuki usia produktif, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Utara siapkan 40 tenaga guru dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk dapat mengikuti program sertifikasi kejuruan.

Saat dikonfirmasi Kepala Disdikbud Kaltara, Teguh Henri Sutanto mengatakan program sertifikasi kejuruan ini, merupakan salah satu terobosan Disdikbud Kaltara dalam meningkatkan kualitas dan kualifikasi SDM guru agar dapat diterapkan kembali kepada para peserta didik di setiap SMK yang ada di Provinsi Kaltara.

Baca Juga :  PPDB Kaltara Jenjang SMA/SMK Negeri Dibuka Mulai 20 Juni 2024

“Program nantinya wajib untuk diikuti oleh para guru terpilih. Jadi kita tidak ingin SDM kita hanya mengajar berdasarkan ijazah sarjananya saja tapi SDM guru kita juga harus memiliki spesifikasi yang ada di bidangnya, sehingga peserta didik dapat lebih menjalani jurusan kejuruan yang diambilnya saat masuk SMK,” kata pria yang akrab disapa Teguh pada Senin, 27 Februari 2023.

Rencananya program ini akan segera dijalankan oleh Disdikbud Kaltara pada tahun 2023 ini. Di mana Disdikbud Kaltara sudah menyiapkan 40 guru untuk mengikuti program sertifikasi bidang kejuruan ini.

Baca Juga :  PPDB Kaltara Jenjang SMA/SMK Negeri Dibuka Mulai 20 Juni 2024

“Tahun ini baru 40 guru yang akan kita kirimkan untuk mengikuti program sertifikasi ini dan rencananya setiap tahun kita targetkan setiap guru kejuruan mengikuti sertifikasi bidang kejuruan ini,” ujarnya.

Dijelaskan Teguh, program ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan SDM para guru saja. Tapi juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas peserta didik SMK, dengan harapan para peserta didik nantinya dapat mendalami bidang dari jurusan kejuruan yang mereka ambil saat duduk di bangku SMK.

“Jadi sebelum kita menggenjot SDM para pelajar kita. Kita lebuh dahulu harus menggenjot SDM guru-guru kita. Di mana para guru ini kita tuntut untuk dapat meningkatkan diri sesuai kualifikasi dan keadaan jaman saat ini,” jelasnya lagi.

Baca Juga :  PPDB Kaltara Jenjang SMA/SMK Negeri Dibuka Mulai 20 Juni 2024

“Setelah itu para peserta didik ini nantinya juga kita harapkan untuk bisa siap pakai dalam dunia kerja ataupun usaha ketika lulus dari bangku SMK,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1906 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *