Dinkes Kaltara akan Buka Pelayanan Dokter Terbang bagi Pasien di Daerah Perintis

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang tinggal di daerah pedalaman hingga perbatasan di Provinsi Kalimantan Utara tahun ini akan diadakan lagi oleh Pemprov Kaltara dengan program “Dokter Terbang”.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltara Usman mengatakan, tujuan pelayanan kesehatan dokter terbang ini fokus mengantisipasi gejala kejadian luar biasa (KLB) atau penyakit tertentu.

“Seperti tuberkulosis atau TB, campak, HIV AIDS bisa dicegah dan saya kira teman-teman di puskesmas saat ini punya kegiatan di luar gedung melalukan upaya mencegah temuan gejala sakit penyakit tersebut,” bebernya, Kamis (2/2/2023).

Lebih lanjut, pihaknya menuturkan anggaran untuk program dokter terbang ke daerah perintis, terluar dan pedalaman provinsi Kaltara sudah disusun.

“Dan dalam waktu dekat tanggal 8 Februari kita ke Krayan, Krayan Barat,  karena beberapa hari lalu kita dari Sei Menggaris melaksanakan pelayanan kesehatan dokter terbang,” tuturnya.

Tak hanya itu, pelayanan kesehatan dokter terbang dari Dinkes Kaltara ke daerah terdepan, terpencil, tertinggal (3T)

Usman akan membawa dokter spesialis penyakit dalam, anak, obgyn atau dikenal dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi.

“Tetapi kita akan menyesuaikan dengan kebutuhan penanganan pasien seperti apa nantinya di sana dari informasi rekan Puskesmas dan Rumah Sakit Kabupaten,” ujarnya.

Kata dia, kegiatan dokter terbang tahap selanjutnya bakal menyesuaikan anggaran Dinkes Kaltara.

“Tetapi kami komitmen dengan anggaran yang telah disusun saat ini. 2 atau 3 kali bisa kita lakukan intinya kita akan maksimal beri pelayanan kepada pasien daerah terpencil,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2902 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *