KPU Bulungan Komitmen Jangkau Hak Suara Pemilih di Daerah Perbatasan

benuanta.co.id, BULUNGAN – Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang akan menjadi runtutan pesta demokrasi terpanjang untuk menetapkan presiden, legislatif hingga kepala daerah.

Ketua Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulungan, Lili Suryani mengatakan telah berkomitmen bisa menjangkau hak suara pemilih di daerah perbatasan.

“Contoh kilo 57 berbatasan dengan Berau kemudian Sekatak yang berbatasan dengan KTT kemudian daerah pulau-pulau terluar yang berbatasan dengan Tarakan tentu daerah tersebut yang jauh dari jangkauan KPU,” ungkapnya Jumat (13/1/2023).

Baca Juga :  KTP Bakal Jadi NPWP, Pemutakhiran Data Sudah 40 Persen

Namun hal tersebut bukan menjadi kendala KPU melainkan menjadi motivasi komitmen mereka bisa mengawal hak suara masyarakat perbatasan.

“Tapi ini bukan kendala kami dan hal itu akan menjadi perhatian khusus kami dalam mengamankan hak suara mereka di pemilu 2024 mendatang,” ucapnya Jumat (13/1/2023).

Ia juga menjelaskan untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah perkotaan Bumi Tenguyun berharap tidak ada kejadian luar biasa.

Baca Juga :  Warga Heboh, 2 Anak di Tanjung Palas Hampir Diculik

“Istilahnya daerah rawan, yang banyak jumlah hak suaranya seperti di pasar, di kecamatan banyak hak suaranya, lalu seperti lebih banyak pindah pilih dan sebagainya itu menjadi titik pengawasan kita harus lebih ketat,” tuturnya.

Dibeberkannya juga sangat sepakat dengan keputusan akhir KPU RI tentang nomor urut politik yang telah ditetapkan.

“Kami juga apresiasi nomor urut partai politik yang telah ditetapkan KPU RI dan ditingkatan kita semuanya support bekerjasama dengan KPU Bulungan,” bebernya.

Baca Juga :  Masyarakat Lapor soal Kamtibmas dan Isu Penculikan Anak, Kapolresta Bulungan Intruksikan Patroli

Lili melanjutkan, saat ini KPU Bulungan sedang persiapan proses verifikasi faktual (verfak) DPD.

“Salah satunya mengumpulkan Nara Damping jam dua untuk memastikan bahwa proses preverifikasi faktual berjalan lancar dan mereka mengetahui mekanisme dengan lancar. Karena KPU sekarang ini harus bisa memastikan melayani semua peserta itu dengan maksimal,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *