Bawaslu Temukan Data Ganda 17 ASN di Bulungan Dukung Bakal Calon DPR RI

benuanta.co.id, BULUNGAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bulungan menemukan ratusan data ganda pendukung 17 bakal calon (balon) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Daerah Pemilih (Dapil) Kaltara.

Ketua Bawaslu Bulungan, Ahmad berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan sebanyak 17 orang pendukung yang berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN)

“Kalau dilihat dari NIK ada beberapa ASN yang memasuki masa purna tugas, karena berusia di atas 60 tahun,” Jumat (13/1/2023).

Dilanjutkannya Bawaslu Bulungan juga menemukan beberapa ASN yang berusia di bawah 60 tahun.

“Karena itu, Bawaslu Bulungan meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melakukan verifikasi terkait hal tersebut. Sebab yang bersangkutan itu harus dipastikan apakah masih berstatus sebagai ASN atau sudah purna tugas,” ungkapnya.

Baca Juga :  Avanza Hitam Tabrakan Beruntun dengan Dump Truck di Jalan Sengkawit

Ia juga menjelaskan bila yang bersangkutan sudah purna tugas maka dukungannya sudah memenuhi syarat.

“Tapi kalau masih berstatus PNS maka tidak memenuhi ketentuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 Tahun 2022 dan kita juga menemukan ada 143 data ganda,” bebernya.

Ahmad melanjutkan artinya, satu orang memberikan dukungan kepada dua atau tiga balon anggota DPD RI Dapil Kaltara.

Baca Juga :  Peningkatan Polresta Bulungan, Struktur Pangkat Kasat Ikut Berubah

“Nantinya, data itu akan diverifikasi oleh KPU untuk memberikan kepastian terkait dukungannya dan KPU harus melakukan verifikasi satu per satu untuk memberikan kepastian dukungan yang bersangkutan,” ujarnya.

Ia melanjutkan jika hal itu tidak segera diversifikasi maka Bawaslu Bulungan tidak akan menganjurkan untuk dilakukan verifikasi faktual.

“Jangan sampai begitu sudah verifikasi faktual ada satu orang yang mendukung dua atau tiga bakal calon,” tuturnya.

Terpisah, Anggota Koordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Bulungan Ali Akbar menjelaskan data dukungan ganda terbagi menjadi dua.

Baca Juga :  15 Tahun Gedung SD 003 Tanjung Palas Utara Mangkrak

“Yaitu internal dan eksternal. Kalau data internal, ada dua atau lebih nama yang sama dalam dukungan satu calon. Sementara ganda eksternal itu ada orang yang mendukung lebih dari satu calon,” jelasnya.

Kemudian berdasarkan hasil pencermatan yang dilakukan oleh Bawaslu Bulungan, kata dia, ada 143 data ganda.

“Hal ini sudah disampaikan kepada KPU untuk selanjutnya ditindaklanjuti. Kami menerima data data dukungan di Bulungan sebanyak 4.000 orang,”pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *