SK Kemenpan RB Sudah Terbit, Polda Kaltara Akan Segera Aktifkan Polres KTT

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Rampungnya Surat Keputusan (SK) dari Kemenpan RB terkait kenaikan kelas Polres Bulungan menjadi Polresta Bulungan, dan pembentukan Polres Kabupaten Tana Tidung (KTT) membuat Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara (Kaltara) bertindak cepat untuk mempersiapkan semua kebutuhan Polres KTT.

Kabid Humas Polda Kaltara, Kombes Pol Budi Rachmat.,S.I.K.,M.Si mengatakan meski saat ini SK dari Polri dan Kemenpan RB terkait pembentukan Polres KTT sudah resmi keluar, namun pihaknya belum bisa memastikan waktu untuk beroperasinya Polres KTT.

“Persyaratan awal pembentukan Porles KTT susah diterima oleh Kemenpan RB dan kita akan mengupayakan agar Polres KTT bisa segera beroperasi,” kata Polisi yang akrab disapa Budi, pada Jumat 14 Oktober 2022.

Budi mengungkapkan, sebagai langkah awal persiapan pengoperasian Polres KTT, Polda Kaltara akan melakukan penguatan terhadap jajaran Polsek yang ada di KTT. Seperti penambahan alat, fasilitas dan penambahan jumlah personel.

“Tingkat Polsek yang ada di KTT sudah kita tambah jumlah personelnya, termasuk fasilitas pendukung yang akan diletakan di Mako Polres KTT. Karena waktu pengoperasiannya sendiri belum bisa kita pastikan, jadi sementara ini unit Polsek yang kita kuatkan,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga menambahkan kalau saat ini Polda Kaltara sedang melakukan pendataan terkait domisili para personel Polda Kaltara. Dimana untuk langkah awal penempatan para personel. Polda Kaltara ingin para personel yang bertugas di Polres KTT, nantinya dapat diisi oleh Polisi-polisi yang memang berdomisili di KTT.

“Untuk jumlah personel masih kita sesuaikan tapi beberapa personel Polda sudah kita tugaskan di KTT, jadi penambahannya kita lakukan secara perlahan,” tambahnya lagi.

“Makanya kita juga membuka ruang bagi para personel yang berdomisili di KTT untuk mau bertugas di KTT. Karena kita juga ingin bagi para polisi domisili KTT untuk dapat bertugas dan membangun kampung halamannya sendiri,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Matthew Gregori Nusa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
3005 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *