Wilayah KTT Masih Berpotensi Diguyur Hujan

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Diguyur hujan selama sepekan terakhir, cuaca di wilayah Kabupaten Tana Tidung (KTT) diperkirakan masih akan diguyur hujan selama beberapa hari ke depan.

Hal itu diungkapkan oleh Prakirawan cuaca Bandan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tarakan, Raa’ina Farah Nur Annisa.

Ia mengatakan dari pengamatan sifat cuaca yang ada disekitaran Wilayah KTT, potensi hujan berintensitas ringan berpotensi akan mengguyur KTT.

“Awan mendung berpotensi akan terjadi di KTT dari pagi hingga sore hari dan di atas pukul 17.00 nanti sifat angin akan berubah dan diperkirakan akan membuat terjadinya hujan ringan,” kata Farah, Jumat, 1 Juli 2022.

Ia juga mengungkapkan dari arah angin Tenggara – Barat Daya akan berkecepatan 2 – 10 knots dan berpotensi menyebabkan terjadinya gelombang dengan tinggi gelombang 0,5 sampai dengan 1,25 meter. Sementara dari perairan Sulawesi bagian Barat, arah angin Tenggara – Barat Daya 2 – 15 knots. Dengan tinggi gelombang 0,5 sampai dengan 1,25 meter.

“Tentu dengan sifat cuaca ini nelayan dan pelaut, kita himbau untuk berhati-hati saat pergi melaut, khususnya saat melaut dimalam hari,” ujarnya.

Dari pengamatan benuanta.co.id, selama sepekan terakhir Wilayah KTT terus diguyur hujan berintensitas tinggi dan sedang. Dimana hujan selalu terjadi pada malam hari di atas pukul 20.00 Wita.

Menyikapi hal itu, Farah menjelaskan kalau hal itu berhubungan dengan sifat cuaca dan sifat perubahan arah angin yang terjadi disekitaran langit KTT.

“Perubahan arah angin cenderung berpusat pada Wilayah KTT, sehingga menyebabkan pengumpulan awan lebih sering terjadi di KTT,” pungkasnya.(*)

Reporter : Osarade

Editor : Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2853 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *