Manfaatkan Media Sosial, SMKN 1 Tanjung Selor Pasarkan Produk Lokal Kaltara

TANJUNG SELOR – Adakan kegiatan akhir dalam proses belajar, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tanjung Selor lakukan siaran langsung dalam memasarkan produk lokal yang dikelola oleh peserta didiknya pada Senin, (31/5/2021).

Supriyono selaku Kepala SMKN 1 Tanjung Selor mengaku bahwa acara yang disiarkan melalui kanal YouTube mereka ini merupakan bentuk dorongan untuk memberi semangat kepada para siswa SMK di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlanjut.

“Ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh siswa kami yang berada di penghujung kelas 12 untuk mengakhiri proses belajar mengajar, mereka (peserta fashion show, red) ini dari jurusan tata busana yang memiliki produk fashion untuk ditampilkan agar dapat memberi motivasi dan semangat di tengah pandemi Covid-19”, ujar Supriyono saat ditemui di SMKN 1 Tanjung Selor.

Baca Juga :  33 Orang Calon Panwascam Bulungan Ikuti Tes CAT

Pria yang kerap disapa Supri ini mengaku bahwa acara yang memamerkan produk karya pemuda-pemudi Kalimantan Utara (Kaltara) ini dipasarkan dengan menggunakan media sosial yang ada.

“Kita juga mengharapkan SMK di Kaltara bisa memberikan hasil produk kreatif keunggulan masing-masing melalui tayangan video yang akan ditampilkan melalui siaran langsung YouTube. Kita sama-sama manfaatkan media yang ada, sekarang sudah ditetapkan kepada jurusan tata busana di SMK kami,” bebernya.

“Siapa pun bisa melihat produk ini, makanya kami juga pasarkan jaket yang di kombinasikan dengan batik khas Kaltara. Ini juga menjadi salah cara untuk mengenalkan hasil produk dari Kaltara,” tambah Supri lagi.

Baca Juga :  Pembangunan Wilayah Perbatasan Masih Fokus Utama Pemprov Kaltara

Ia berharap bahwa situasi dan kondisi pandemi Covid-19 sekarang tidak mematahkan semangat untuk melahirkan kreativitas kepada anak-anak didik di Kaltara. Baginya setiap karya yang dipamerkan menjadi bukti kehadiran SMK dalam membantu pemerintah menampilkan produk lokal.

Di sisi lain, Zainab selaku Ketua Jurusan Tata Busana di SMKN 1 Tanjung Selor menjelaskan bahwa terdapat beberapa SMK lain dari Kota Tarakan dan Kecamatan Tanjung Palas ikut berpartisipasi pada pameran yang berlangsung di dalam jaringan (daring) ini dengan memberikan video singkat produk.

“Bukan hanya produk karya anak-anak SMKN 1 Tanjung Selor saja yang kami pasarkan, tetapi produk dari SMK lain yang ada di Kaltara juga,” terangnya.

Baca Juga :  Perlu Parhatian Khusus, 50 Jammah Haji Bulungan dalam Resiko Tinggi 

Selain itu, Zainab mengaku bahwa pihaknya telah memasarkan produk-produk tersebut ke seluruh Indonesia, salah satunya adalah Kota Jakarta yang menjadi ibu kota Indonesia. Oleh karena itu, penting baginya untuk memasarkan produk lokal seperti jaket dengan sentuhan batik Kaltara serta kue Hau yang menjadi makanan tradisional di Bumi Benuanta.(saq)

 

Sumber: DKISP-kaltara

Editor: M. Yanudin

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2728 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *