oleh

Tangani 189 Kasus Kebakaran dan Non Kebakaran Selama 2020, PMK Tarakan Keluhkan Banyak Peralatan Rusak

TARAKAN – Selama tahun 2020, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (PMK) kota Tarakan telah menangani sebanyak 61 kejadian kebakaran dan 128 non kebakaran, petugas PMK keluhkan kualitas peralatan dan kendaraan yang jauh dibawah standar.

Kasi Ops PMK Tarakan Irwan, mengatakan kendala dan permasalahan ketika melaksanakan tugas baik penanggulangan kebakaran dan non kebakaran sangat komplek, terutama dalam hal peralatan dan kendaraan yang di gunakan oleh pemadam kebakaran sangat jauh di bawah standar.

Baca Juga :  Penikaman di Beringin 4, Salah Satu Korban Sedang Hamil

“Artinya peralatan dan kendaraan pemadam kebakaran saat ini sudah berusia 21 tahun dan mengalami penurunan daya atau tenaga, begitu pula dengan peralatan lainnya banyak yang rusak dan tidak bisa di gunakan,” ujarnya kepada benuanta.co.id, Kamis (25/2/2021)

Selain itu, PMK Tarakan juga keluhkan respon dari masyarakat terhadap armada PMK, ketika menuju ke lokasi kebakaran selalu terhambat dengan pengguna jalan lainnya, lalu akses jalan yang begitu sempit sangat mempengaruhi respontime tiba di lokasi.

Baca Juga :  Pelaku Diduga Konsumsi Narkoba, Pisau Bekas Menikam Dibuang ke Laut

“Khusus untuk tugas penyelamatan (non kebakaran) terutama dalam hal evakuasi hewan liar kita masih banyak butuh peralatan vertical rescue dan APD (Alat Pelindung Diri). Saat ini petugas hanya menggunakan alat seadanya,” terangnya.

Menurut Irwan, demi keselamatan masyarakat peralatan serta armada petugas pemadam kebakaran sangat perlu ditingkatkan dan diperbarui, mengikuti lajunya peningkatan penduduk dan gedung bertingkat di kota Tarakan.

Baca Juga :  Vaksin Imunisasi Bayi Kosong, Dinkes : Mungkin Terkendala Bahan Baku

“PMK sangat butuh perhatian, khususnya dari berbagai pihak untuk dapat mendukung pembaharuan peralatan dan kendaraan pemadam kebakaran pada saat ini, apalagi sekarang kota tarakan populasi dan kepadatan penduduk terus meningkat begitu pula dengan banyaknya gedung bertingkat di kota tarakan, dengan demikian tentu profesionalitas dan peralatan petugas PMK juga perlu ditingkatkan,” tutupnya.(*)

Reporter : Matthew Gregori Nusa
Editor : Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed