PUPR Kaltara akan Bina OPD Pemilik Kegiatan Konstruksi

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR – Perkim) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) akan melaksanakan kegiatan berupa Sosialisasi Tata Cara Pelaksanaan Metode Pemilihan Penyedia Pengadaan Langsung, Penunjukkan Langsung, Tender Cepat dan Tender Kegiatan Konstruksi Serta Jasa Konsultans pada bulan ini.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Sumber Daya Jasa Konstruksi pada Dinas PUPR – Perkim Kaltara, Fery Ruruk Pasiakan menjelaskan narasumber yang diundang berasald ari Direktorat Pengadaan Jasa Konstruksi di  Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PU dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah atau LKPP. Kegiatan ini dimaksudkan agar OPD yang memiliki kegiatan konstruksi, dapat semakin memahami seluk beluk pelaksanaan metode pemilihan penyedia jasa konstruksi.

Baca Juga :  Menunggu Proses Lelang, Ruas Jalan Lingkar Nunukan Kembali Disiram Aspal Tahun Ini

“Kalau dari OPD itu biasanya PPK atau  Pejabat Pembuat Komitmen mereka yang belum terlalu memahami. Meski terkadang mereka sudah lulus sertifikasi, tapi ada sesuatu hal yang mereka kurang pahami, makanya kita adakan sosialisasi ini,” katanya, Kamis (6/6/2024).

Peserta daro OPD di kabupaten/kota yang memiliki pekerjaan konstruksi juga turut diundang. Dinas PUPR – Perkim Kaltara menghimpun informasi dari kegiatan konstruksi yang ada di laman Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) masing – masing.

Baca Juga :  Menunggu Proses Lelang, Ruas Jalan Lingkar Nunukan Kembali Disiram Aspal Tahun Ini

“Harusnya Jakon (jasa konstruksi) kabupaten/kota yang berperan, tapi karena mereka tidak aktif, makanya kita bantu mereka dengan melaksanakan sosialisasi tersebut,” jelasnya.

Pihaknya turut mengundang perwakilan asosiasi melalui skema online. Antara lain Gapensi, Gapeksindo dan Inkindo. Fery berharap perwakilan asosiasi dapat menyebarkan ilmu yang didapat ke anggotanya masing masing. Sehingga tingkat pemahaman tentang pengadaan barang dan jasa di bidang konstruksi semakin meningkat.

Baca Juga :  Menunggu Proses Lelang, Ruas Jalan Lingkar Nunukan Kembali Disiram Aspal Tahun Ini

“Bersama asosiasi badan usaha dan profesi lewat zoom, diutamakan asosiasi yang punya pengurus daerah di Kaltara,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2009 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *