Pembangunan RSUD Tanjung Selor Tunggu MoU

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Untuk meningkatkan layanan kesehatan pada masyarakat, utamanya di Kalimantan Utara (Kaltara) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara berencana akan membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjung Selor.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltara, Usman mengatakan rencananya RSUD Tanjung Selor akan dibangun dengan 300 tempat tidur. Dalam hal ini jumlah tersebut dapat dikategorikan sebagai RSUD Tipe A.

“Terkait kapan dimulai, kita akan menunggu penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) terlebih dahulu,”katanya, Kamis (6/6/2024).

Adapun untuk kebutuhan pembangunan rumah sakit akan dikomunikasikan lebih lanjut antara Pemerintah Provinsi Kaltara dengan investor. Sebab, dibutuhkan persiapan seperti perizinan dan sebagainya terkait dengan lokasinya.

Baca Juga :  Pentingnya Jaga Kesehatan Jiwa

“Selama ini pasien harus dirujuk jauh ke RSUD Dr. Jusuf SK kota Tarakan, nantinya juga cukup ditangani di Tanjung Selor saja dan pasien juga dapat tertangani lebih cepat,” jelasnya.

Karena melihat potensi yang besar di Kaltara, sehingga para investor ini tertarik untuk masuk dan membangun pusat layanan kesehatan dengan fasilitas layanan yang lengkap di ibu kota provinsi ke-34 Indonesia ini.

Baca Juga :  Imunisasi Polio Program Rutin Dinkes Kaltara  

“Mereka mau bangun rumah sakit tipe A itu, karena mereka maunya ini nanti menjadi rumah sakit rujukan dari seluruh wilayah di Kaltara, termasuk juga dari luar Kaltara seperti dari Kabupaten Berau, Kaltim (Kalimantan Timur),” sebutnya.

Tak hanya itu Usman mengakui belum lama ini, gubernur Kaltara telah meninjau lahan yang rencananya akan dibangun RSUD Tanjung Harapan. Dalam peninjauan tersebut turut serta para investor yang terdiri dari WCT Berhad.

Baca Juga :  Imunisasi Polio Program Rutin Dinkes Kaltara  

Seperti diketahui, kehadiran WCT Berhad Malaysia ke Kaltara untuk melirik sejumlah potensi investasi. Bahkan perusahaan negeri jiran tersebut mengikuti pertemuan dengan perangkat daerah di lingkup Provinsi Kaltara yang dipimpin Gubernur. (adv)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2009 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *