O2SN Tingkat Provinsi Kaltara Diikuti 120 Pelajar

benuanta.co.id, TARAKAN – Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat provinsi, kembali digelar pada tahun 2024. Acara olahraga tingkat SMA, SMK dan SLB ini dipusatkan di Kota Tarakan dengan beberapa cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan.

Sekretaris Disdikbud Kaltara, H. Sudarsono, S.E., M.Pd., mengatakan peserta berasal dari seluruh kabupaten kota di Kaltara turut mengikuti O2SN. Nantinya, akan terdapat seleksi yang mana untuk peserta Juara I akan diikutkan kembali O2SN di tingkat nasional.

O2SN ini diikuti oleh 50 peserta tingkat SMA, 49 peserta tingkat SMK dan 31 peserta tingkat SLB.

Baca Juga :  Persiapan PPDB Jenjang SMA dan SMK Sudah Capai 99 Persen

“Seleksinya nanti bagi kabupaten kota yang mendapat juara I akan mewakili provinsi untuk kita kirim ke tingkat nasional,” katanya, Rabu (5/6/2024).

Adapun cabang olahraga untuk tingkat SMA dan SMK diantaranya cabor atletik, renang putra, bulu tangkis, silat putra dan karate putra putri. Sementara untuk tingkat SLB di antarnya boce, bulutangkis, balap kursi roda, lari 100 meter, lompat jauh, lempar turbo, tenis meja dan catur.

“Kalau SMA SMK itu 5 cabang saja, kalau SLB ada 8 cabang. Venue juga kita bagi-bagi tapi semua terpusat di Tarakan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Sediakan Posko Pengaduan, Disdikbud Himbau PPDB Sesuai Tahapan

Pihaknya memilih Tarakan sebagai tuan rumah O2SN tahun ini, lantaran terdapat tempat-tempat strategis untuk menjadi lokasi pertandingan.

Untuk ajang O2SN nasional nanti diperuntukkan bagi Juara I untuk cabor dan masing-masing nomor tanding.

“Untuk cabor lari misalnya ada dua nomor yaitu putra dan putri kalau ada yang juara I itu yang mewakili kabupaten kota untuk ke tingkat nasional,” tambah Sudarsono.

Pihaknya menargetkan untuk O2SN di tingkat nasional nanti, Kaltara dapat masuk ke dalam peringkat 10 besar. Untuk mendukung hal tersebut, pihaknya akan mendatangkan pelatih sebelum menuju O2SN tingkat nasional.

Baca Juga :  Persiapan PPDB Jenjang SMA dan SMK Sudah Capai 99 Persen

“Kita tidak lagi pembinaan nanti makanya tahun ini kita datangkan pelatih supaya bisa bertanding dengan peserta dari provinsi lainnya,” tutup Sudarsono.(adv)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2009 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *