Terapkan Nilai Pancasila di Era Gempuran Teknologi dan Informasi

benuanta.co.id, TARAKAN – Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024, pemerintah mengajak masyarakat menjiwai Pancasila di era globalisasi teknologi dan informasi saat ini.

Hari peringatan tersebut dilaksanakan di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Tarakan. Dihadiri oleh berbagai pejabat dan tokoh masyarakat, termasuk pimpinan perwakilan kementerian dan lembaga negara, Komandan Satuan TNI/Polri tingkat Provinsi Kaltara, serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan di Daerah (Forkopimda) Kota Tarakan.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Yudian Wahyudi melalui Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan menyampaikan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara yang mempersatukan bangsa Indonesia dengan segala keberagamannya.

“Pada hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno pertama kali memperkenalkan Pancasila pada tahun 1945 di depan sidang BPUPK,” ujarnya.

Baca Juga :  SMA Negeri 5 Tarakan Dibuka Tahun Ini

Tema peringatan tahun ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini menekankan peran Pancasila dalam menyatukan bangsa menuju 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Ia menegaskan Pancasila adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang mengandung nilai-nilai luhur seperti inklusivitas, toleransi, dan gotong royong yang harus terus dijaga dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Bustan mengajak seluruh komponen bangsa untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan. “Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja dan dirasakan kehadiran serta manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga :  PSU Tarakan Tengah Dipastikan Tanpa Kampanye

Lanjutnya, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi. Perkembangan situasi dan kemajuan teknologi komunikasi yang begitu besar menjadi tantangan sendiri bagi bangsa Indonesia Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa akan datang.

“Besarnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masif penggunaan teknologi dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiapkan konten-konten dan narasi yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Baca Juga :  Momen Iduladha, Aktivitas Keberangkatan Pelabuhan Tengkayu I Normal

Ia juga menekankan pentingnya keteladanan dari para pemimpin dan rakyat dalam mencerminkan semangat Pancasila. Ia berharap masyarakat dapat merawat Pancasila dan menjaga kerukunan serta keutuhan bangsa.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” tutupnya.(*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2009 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *