Kembangkan Potensi SDM di Kaltara lewat Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana pada DP3AP2KB Provinsi Kalimantan Utara, Deddy Prasetya Noor mengatakan, pihaknya memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) yang ada di seluruh kabupaten/kota.

Secara teknis, program unggulan yang dijalankan terkait dengan penurunan kasus stunting. Masalah kesehatan yang berdampak pada tumbuh kembang anak ini, menjadi permasalahan di tingkat hulu yang ditekan pemerintah.

Baca Juga :  Penimbangan Balita Langkah Deteksi Dini Stunting

“Tupoksi kami berkaitan dengan pengembangan sumber daya, supaya SDM di Kaltara memiliki potensi, program utama yang juga menjadi agenda nasional adalah penurunan stunting,” katanya, Kamis (30/5/2024).

Konsep pengendalian penduduk dan keluarga berencana sendiri berperan penting untuk mencetak sumber daya manusia yang berkualitas. Pemerintah berupaya hadir agar usia anak bisa memiliki ruang tumbuh kembang yang baik di dalam keluarga, baik dari segi kesehatan, kesejahteraan sosial, kemampuan ekonomi dan tingkat literasi dan edukasi keluarga.

Baca Juga :  Komitmen Jalankan 5 Arahan Presiden tentang Pemberdayaan Perempuan

“Anak anak yang berkualitas berasal dari keluarga yang berkualitas juga dari berbagai aspek, baru kemudian dibina melalui lembaga pendidikan dan seterusnya,” jelas Deddy.

Di lain sisi, pihaknya juga menyelenggarakan program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA). Program ini untuk mendukung peningkatan pendapatan keluarga yang telah mengikuti program keluarga berencana.

“Secara global tentang pengembangan sdm juga ditempuh melalui upaya pencegahan perkawinan pada usia anak,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  42 UMKM di Nunukan Ikuti Pelatihan Peningkatan Kualitas Keluarga

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2014 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *