Ratusan Pelajar Tingkat SMA/SMK Ikuti FLS2N Tingkat Provinsi

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) tahun 2024 dengan tema merdeka berprestasi, talenta seni menginspirasi, Rabu, (29/5/2024) diikuti ratusan peserta yang berasal dari kabupaten dan kota se Kaltara.

Sekretariat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara Sudarso, mengatakan kegiatan FLS2N adalah lomba seni tingkat provinsi, yang mana masing-masing kabupaten/kota terlebih dahulu melaksanakan kegiatan FLS2N.

“FLS2N ini sudah di lakukan di tingkat kabupaten kota dan juga mengirimkan siswa terbaiknya untuk diseleksi kembali di tingkat provinsi,” katanya.

“Nantinya setelah mereka yang mengikuti kegiatan FLS2N di tingkat provinsi kita akan kirim ditingkat nasional,” sambungnya.

Sudarsono mengatakan sebelum siswa dikirim ke tingkat nasional, Disdikbud Kaltara meminta terlebih dahulu untuk melakukan pembinaan di tingkat provinsi, hal ini bertujuan agar pada saat kegiatan FLS2N ditingkat nasional mereka (Siswa) tidak merasa canggung sehingga mampu bersaing.

Baca Juga :  Sediakan Posko Pengaduan, Disdikbud Himbau PPDB Sesuai Tahapan

“Pengalaman tahun lalu Kaltara cukup di perhitungkan mulai dari FLS2N maupun O2SN kita Kaltara cukup berkibar, cuma tinggal ketika sudah berhasil di tingkat provinsi pembinaan secara intensif saja yang perlu dilakukan,” sebutnya.

Kata dia, FLS2N merupakan lomba yang sudah dilaksanakan di kabupaten kota, sehingga pihaknya hanya melakukan kegiatan di tingkat provinsi yang nantinya akan berlanjut ke tingkat nasional.

Disinggung terkait dengan berapa jumlah anggaran yang disiapkan, ia menjelaskan sebetulnya anggaran untuk FLS2N ada tiga bidang yaitu SDLB, SMA dan SMK. Namun pada pelaksanaan saat ini baru SMA dan SMK yang menyiapkan anggaran masing-masing untuk kegiatan FLS2N.

Baca Juga :  Persiapan PPDB Jenjang SMA dan SMK Sudah Capai 99 Persen

Untuk diketahui kegiatan FLS2N tingkat nasional akan dilaksanakan pada Juli 2024 mendatang. Adapun jumlah peserta dari SMK dengan cabang yang diperlombakan sebanyak 8, dengan peserta juara 1 dan 2 dari seleksi tingkat kabupaten kota, jadi total peserta sebanyak 96 siswa, ditambah ketua kontingen jadi total 100.

Sedangkan untuk SMA jumlah cabang yang diperlombakan sebanyak 14, dengan peserta 18 siswa per kabupaten kota ditambah ketua kontingen per kabupaten kota total 100 orang.(adv)

Bidang cabang yang diperlombakan tingkat SMK:

1. Cipta lagu
2. Film pendek
3. Instrumen solo gitar
4. Kreativitas musik tradisi
5. Kriya
6. Menyanyi solo
7. Monolog
8. Tari kreasi

Baca Juga :  Persiapan PPDB Jenjang SMA dan SMK Sudah Capai 99 Persen

Cabang yang diperlombakan tingkat SMA:

1. Baca puisi
2. Cipta lagu
3. Cipta puisi
4. Desain poster
5. Film pendek
6. Fotografi
7. Instrumen solo gitar
8. Jurnalistik
9.komik digital
10. Kriya
11. Menulis cerita pendek
12. Menyanyi solo
13. Monolog
14. Tari kreasi

Sumber: Disdikbud Kaltara

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2002 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *