Marak Kasus Pencurian, Polres Nunukan Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Maraknya kasus pencurian, Kepolisian Resor (Polres) Nunukan menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

Kapolres Nunukan, AKBP Taufik Nurmandia melalui Kasi Humas IPDA Zainal Yusuf mengatakan, imbauan yang dikeluarkan oleh pihaknya sebagai upaya meminimalisir terjadinya aksi kejahatan khususnya pencurian di wilayah hukum Polres Nunukan.

“Akhir-akhir ini lagi marak kasus pencurian kendaraan sepeda motor maupun pencurian di toko dan rumah, makanya kita imbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan,” kata Zainal kepada benuanta.co.id, Kamis (23/5/2024).

Baca Juga :  Bobol Rombong Pinggir Jalan Gajah Mada, Aksi Tiga Pria Terekam CCTV

Zainal mengungkapkan, untuk antisipasi terjadi pencurian, ia menghimbau agar warga slelau memastikan akses masuk rumah terkunci jika perlu menggunakan kunci ganda.

“Kemudian kalau keluar rumah, pastikan rumah dalam keadaan terkunci, kemudian kunci rumah disimpan di tempat yang tidak mudah dilihat orang,” ungkapnya.

Ia juga meminta agar warga yang ingin berpergian meninggalkan rumah agar menyimpan barang-barang berharga di tempat penyimpanan yang aman.

Selian itu, ia juga menghimbau kepada masyarakat, termasuk pelaku usaha yang memiliki toko atau kios agar bisa memasang kamera pengawas CCTV.

Baca Juga :  PN Tarakan Enggan Beberkan Surat Permohonan Penyitaan Sejumlah Aset Diduga Milik RI

“Karena jika ada CCTV, kemudian ada aksi pencurian kita bisa lebih muda melakukan penyelidikan untuk mencari pelaku,” ucapnya.

Kemudian, lanjut Zainal, pentingnya menjaga hubungan dan komunikasi dengan tetangga. Sehingga jika terjadi sesuatu bisa lebih cepat ditauh dan dicegah.

Dikatakannya, kepada seluruh masyarakat Nunukan agar selalu waspada dan berhati-hati, terutama saat meninggalkan kendaraan bermotor dan rumah dalam keadaan kosong.

“Kami juga dari polres Nunukan rutin melaksanakan patroli secara rutin guna meningkatkan pengawasan dan memberikan rasa aman bagi seluruh masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga :  Kasus Brigpol Sigit Utomo Masih Disidik, Kapolres Tarakan: Komitmen Bersih-bersih Oknum

Zainal juga mengajak masyarakat agar bisa berperan aktif dengan melaporkan setiap kejadian mencurigakan atau informasi yang dapat agar membantu pihak kepolisian dalam mengungkap kasus-kasus pencurian. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1997 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *