DP3AP2KB Sebut Kampung KB Bisa Lakukan Pembinaan dan Pengembangan SDM

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Pemberdayaan perempuan, Perlindungan anak dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kaltara pembinaan kampung keluarga berencana (KB) penting dilakukan.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) DP3AP2KB Kaltara, Dedy Prasetya Noor mengatakan, pembinaan kampung KB di Kaltara berada di Desa Pimping Kabupaten Bulungan, Kecamatan Tanjung Palas Utara.

Kampung KB yang ada di Desa Pimping saat ini juga tengah mempersiapkan rumah data, sehingga fungsi adanya kampung KB dirikan untuk melakukan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia.

Baca Juga :  Turunkan Stunting, DP3AP2KB Kaltara Jalin Kerja Sama dengan Kemenag

“Jadi kita memetakan masyakarat yang ada di sana dominan berkaja sebagai apa. Apakah petani, atau nelayan dan kita di situ (Kampung KB) menjembatani mereka ke OPD lain seperti pertanian untuk mendapatkan bibit misalnya,” sebutnya, Kamis (16/5/2024).

Sejatinya, kata Dedy sapaannya, jika kampung KB di dukung dengan baik maka hal itu akan lebih baik lagi kegiatannya. Dan masyakarat yang bisa merasakan manfaatnya juga lebih banyak.

Baca Juga :  Turunkan Stunting, DP3AP2KB Kaltara Jalin Kerja Sama dengan Kemenag

“Kalau kampung KB se-kaltara ada di kabupaten/kota, cuma kampung KB provinsi kita tempatkan di desa Pimping dan Alhamdulillah kampung KB itu semuanya berjalan dengan baik seperti yang ada di Nunukan,” ungkapnya.

Kampung KB yang juga memiliki rumah data, semua data masyarakat tersedia seperti data ibu hamil, jumlah anak, pekerjaan semuanya ada.

Adapun tujuannya, yaitu untuk memilah dengan dinas kependudukan dan pencatatan sipil dan badan pusat statistik Karan hal itu juga mengacu pada satu data Indonesia. (adv)

Baca Juga :  Turunkan Stunting, DP3AP2KB Kaltara Jalin Kerja Sama dengan Kemenag

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2920 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *