Pengerukan Embung Persemaian Sebabkan Air PDAM Tak Mengalir ke Sejumlah Wilayah

benuanta.co.id, TARAKAN – Pengerukan Embung Persemaian mengakibatkan pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Alam di Kota Tarakan di beberapa wilayah menjadi tidak maksimal.

Selama proses pengerukan yang memakan waktu dua minggu lamanya berdampak pada setopnya aliran air di beberapa wilayah di antaranya Jalan Gajah Mada, kemudian Jalan Cenderawasih sebagian, lalu Selumit Darat, Jalan Bhayangkara, Jalan Mulawarman, Jalan Aki Babu, Selumit dari pegunungan, lalu Sebengkok AL, Karang Rejo, Karang Anyar, Yos Sudarso, Juata Harapan dan Aki Balak.

Baca Juga :  Hujan Deras di Tarakan Akibatkan Longsor, Banjir dan Pohon Tumbang

“Khususnya wilayah Tarakan Barat dan Tengah sebagian. Namun untuk Timur tidak ada masalah. Prediksi saya, nanti malam atau besok sudah kembali normal,” ujar Direktur Perumda Tirta Alam PDAM Kota Tarakan melalui Kabag Humas, Sunarto.

Ia membeberkan selama 20 tahun tidak dikeruk, sedimentasi di Embung Persemaian mencapai ketinggian 2 meter. Pengerukan tersebut dilakukan guna memaksimalkan kapasitas embung untuk menampung air.

Baca Juga :  BPJS Kesehatan Umumkan Aturan Baru Denda Iuran

Lanjutnya, pada Ahad (12/5/2024), kegiatan pengerukan sudah selesai dilaksanakan dan sedang dalam proses pengisian embung kembali. Normalnya debit air embung tersebut harusnya 245 liter per detik. Namun, terdapat penurunan debit sehingga saat ini debit air mencapai 180 liter per detik.

“Selama tidak ada gangguan yang kita tidak sengaja. Artinya tiba-tiba listrik mati, pas proses pengisian ads pipa gede bocor otomatis harus mematikan instalasi,” jelasnya.

“Sekarang lagi menunggu proses pengisian embung . Karena ada dua embung. Pertama embung yang berada di dekat wahana wisata dekat perumahan dan kedua embung yang saat ini dilakukan pengerukan,” pungkasnya.(*)

Baca Juga :  Satlantas: Sepeda Listrik Perlu Perda dan Jalur Khusus

Reporter: Sunny Celine

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2920 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *