Rencana Umum Energi Daerah 2024-2060 Mulai Disusun

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) akan menyusun dokumen teknis Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Kaltara periode  2024-2060.

Hal itu dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas ESDM Provinsi Kaltara, Adi Hernadi menjelaskan penyusunan draft evaluasi perubahan Perda RUED Provinsi Kaltara yang berbasis pada sumber daya energi baru terbarukan, dimaksudkan untuk mewujudkan kemandirian dalam pengelolaan energi di daerah.

Baca Juga :  Turunkan Stunting di Kaltara Perlu Harmonisasi hingga Sinkronisasi yang Kuat

“Dokumen tersebut nantinya akan menggambarkan kondisi energi daerah saat ini serta permasalahan yang dihadapi, memproyeksikan kebutuhan energi atas dasar tuntutan perkembangan zaman dan kebutuhan pembangunan saat ini, merumuskan kebijakan penyediaan energi yang berbasis sumber daya energi lokal,” katanta, Jumat (10/5/2024).

Kemudian kata dia, memproyeksikan kebutuhan energi atas dasar tuntutan perkembangan zaman dan kebutuhan pembangunan di masa yang akan datang merumuskan kebijakan penyediaan energi yang berbasis sumber daya energi lokal; dan memasukkan konsep transisi energi ke dalam perencanaan energi.

Baca Juga :  Turunkan Stunting di Kaltara Perlu Harmonisasi hingga Sinkronisasi yang Kuat

“Dalam masa persiapan, pihak konsultan pelaksana perlu melakukan koordinasi dengan Tim Teknis RUED yang ditetapkan oleh Gubernur Kalimantan Utara,” ujarnya.

Data yang diproses mencakup kondisi pasokan dan pemintaan energi, potensi energi daerah dan data pendukung lainnya. Pemrosesan data tersebut ditujukan untuk mengevaluasi secara tajam mengenai kondisi saat ini, termasuk asumsi-asumsi dan proyeksi kebutuhan energi di masa yang akan datang.

Baca Juga :  Turunkan Stunting di Kaltara Perlu Harmonisasi hingga Sinkronisasi yang Kuat

“Output terakhir dalam bentuk dokumen Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Provinsi Kalimantan Utara 2024-2060,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2920 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *