Dua Terdakwa Korupsi Pembangunan Rumah Kuliner Divonis 2 Tahun Penjara

benuanta.co.id, TARAKAN – Dua terdakwa Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pembangunan rumah kuliner Kotaku, divonis hukuman 2 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tipikor Samarinda pada Selasa, 7 Mei 2024.

Dua terdakwa yakni Agus Salim dan Juli Rombe, juga didenda Rp 50 juta subsider 1 bulan penjara. Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Tarakan, Harismand mengungkapkan, terdapat uang pengganti yang harus ditanggung oleh kedua terdakwa sebesar Rp 432.534.876.

“Itu nilai kerugian dengan subsider 9 bulan penjara apabila terdakwa tidak membayar uang pengganti,” ungkapnya, Kamis (9/5/2024).

Baca Juga :  Hujan Deras di Tarakan Akibatkan Longsor, Banjir dan Pohon Tumbang

Dalam vonis tersebut, majelis hakim sependapat dengan pasal yang sebelumnya didakwakan oleh jaksa, yakni terdakwa terbukti melanggar Pasal 3 Juncto Pasal 18 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto pasal 55 Ayat 1 ke-1 KHUP.

Baca Juga :  Jualan di Trotoar, Satpol PP Tarakan Layangkan Teguran ke Sejumlah PKL

“Untuk putusannya terdakwa masih pikir-pikir, sama dari kami (jaksa) juga begitu. Majelis hakim hampir semuanya sependapat dengan JPU. Hanya berbeda di hukuman saja,” tuturnya.

Dilanjutkannya, penjatuhan putusan terhadap kedua terdakwa terbilang lebih rendah dari tuntutan jaksa. Sebelumnya, kedua terdakwa dituntut selama 2 tahun dan 6 bulan serta denda dari tuntutan untuk subsider 3 bulan penjara. Selain itu, subsider pada uang pengganti juga menurun dari tuntutan.

“Tapi di putusan menjadi 1 bulan. Sebelum dalam tuntutan JPU, apabila uang pengganti tidak dibayarkan oleh kedua terdakwa maka dituntut menjalani hukuman 1 tahun 6 bulan namun diputus hanya 9 bulan,” pungkas Harismand.(*)

Baca Juga :  Penyebar Video Pencabulan Anak di Bawah Umur Bisa Dijerat UU ITE

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2947 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *