Transisi RPJMD, Bapedda Litbang: 2025 Pembangunan Difokuskan 3 Sektor Ini

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Memasuki akhir dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 dan akan mengawali RPJMD tahun 2026-2031.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sebut Pemprov Kaltara akan fokuskan pembangunan Daerah di tiga sektor pada tahun 2025 mendatang.

“Sektor Pertanian, Sektor Pariwisata dan Sektor sumber daya manusia (SDM), akan menjadi fokus utama Pemerintah ditahun 2025 dan hal ini sudah kita bahas untuk kita rumuskan bersama OPD terkait,” kata Plt. Kepala Bappeda dan Litbang Kaltara, Bertius pada Kamis, 9 Mei 2024.

Baca Juga :  Gaet Perusahaan dalam Penanganan Stunting

Ia menjelaskan difokuskannya tiga sektor itu dalam perencanaan pembangunan Daerah ditahun 2025 nanti, karena dilatarbelakangi oleh RPJMD Provinsi Kaltara.

Pada tahun 2025 akan menjadi tahun transisi, RPJMD tahun 2021-2024 akan segera digantikan dengan RPJMD tahun 2026-2031.

“Bisa dikatakan ditahun itu kita akan mempersiapkan akhir dari RPJMD yang sebelumnya dan akan memulai menata RPJMD yang baru, sehingga tiga sektor yang saya sebutkan tadi akan menjadi fokus kita ditahun ini agar terjadi transisi yang pas untuk mengakhiri RPJMD yang sebelumnya dan mengawali RPJDM yang baru,” jelasnya.

Baca Juga :  Gaet Perusahaan dalam Penanganan Stunting

Ia menambahkan tiga sektor itu akan menjadi persiapan Daerah dalam menjalankan RPJMD tahun 2026-2031, Sektor Pertanian untuk penguatan ketahanan pangan dan menyambut investasi rumput laut, Sektor pariwisata untuk mengembangkan destinasi wisata Kaltara dan Hilirisasi SDM untuk mempersiapkan tenaga lokal dalam menyambut KIHI dan investasi industri lainnya.

“Kita memiliki industri hijau berkelanjutan terbesar di dunia oleh karena itu kita perlu, meningkatkan SDM yang inklusif serta yang berkaitan dengan perlindungan sosial bagi masyarakat. Agar baik pekerjaan dan kesejahteraan masyarakat selalu terlindungi,” lanjutnya.

Baca Juga :  Gaet Perusahaan dalam Penanganan Stunting

“Begitu juga dengan Sektor lainnya yang akan segera menyambut investasi besar-besaran dari para investor. Maka dari itu, sebelum memasuki tahun 2025 kita harus bisa mempersiapkannya ditahun 2024 ini sebagai pondasi kita menuju masa transisi RPJMD,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2920 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *