153 Calon Jemaah Haji Asal Tarakan Bakal Berangkat Bulan Ini

benuanta.co.id, TARAKAN – Sebanyak 153 calon jemaah haji asal Kota Tarakan akan diberangkatkan oleh Kementrian Agama (Kemenag) Kota Tarakan untuk menunaikan ibadah haji pada Mei 2024.

Keberangkatan ratusan jemaah haji tersebut akan dibagi menjadi dua kloter.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Tarakan, Muhammad Aslam mengatakan, keberangkatan jemaah haji kloter pertama dijadwalkan pada 21 Mei dan kloter kedua berangkat pada 23 mei 2024.

“Sebenarnya jumlah keseluruhan jemaah haji Tarakan yang berangkat sebanyak 154 orang. Namun, ada satu orang yang meninggal dunia sehingga jumlahnya 153 orang” jelasnya.

Baca Juga :  BPOM Pastikan Roti Aoka Aman Dikonsumsi

Dia mengungkapkan, untuk saat ini persiapan sudah mencapai 100 persen. Baik dari sisi administrasi maupun kesehatan para jemaah pun telah dipersiapkan dan termasuk manasik.

“Tinggal manasik lagi dan sementara ini sedang dilakukan,” katanya.

Selain itu, pihaknya pun rutin berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Tarakan guna memastikan kesehatan para jemaah. Terkait hal tersebut, Kemenag Tarakan juga melakukan olahraga senam kebugaran dan senam jantung sehat untuk para jemaah haji.

Baca Juga :  Bea Cukai Tarakan Dorong Produk UMKM yang Berpeluang Ekspor

Dikatakan Aslam, terdapat peraturan baru yang ditetapkan oleh pihak Arab Saudi yaitu mewajibkan para jemaah haji untuk menggunakan aplikasi visa bio.

“Karena aplikasi dibuat Arab Saudi. Seluruh dunia wajib memiliki untuk berangkat haji dan umrah. Wajib menggunakan aplikasi visa bio,” ungkapnya.

Ia menjelaskan aplikasi Visa Bio merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah kerajaan Arab Saudi dalam proses penerbitan visa bagi jemaah haji Indonesia melalui fitur biometrik wajah, sidik jari dan foto paspor. Oleh sebab itu, pihaknya memastikan seluruh jemaah haji telah memiliki aplikasi tersebut.

Baca Juga :  Dinsos Tarakan Kucurkan Rp 10,2 Miliar Bayar Iuran BPJS Kesehatan untuk Masyarakat Kurang Mampu

“Untuk para jemaah haji untuk senantiasa menjaga kekompakan dan kesehatan. Selain itu obat pribadi, khususnya bagi yang diharuskan mengonsumsi obat rutin,” tutupnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *