Siaga SAR Khusus Lebaran 2024, Terdapat Satu Kejadian Menonjol

benuanta.co.id, TARAKAN – Selama 16 hari siaga SAR khusus dalam momen Idulfitri 2024, Basarnas Tarakan mendapati satu kejadian menonjol yang terjadi di perairan Kalimantan Utara (Kaltara).

“Kejadian di Nunukan itu seminggu sebelum penutupan Ops Siaga SAR khusus. Kita belum ketahui apakah itu pelayaran itu legal atau ilegal juga tidak tahu. Kejadiannya itu tabrakan salah satu perahunya tenggelam,” jelas Kepala Basarnas Tarakan, Syahril saat ditemui, Jumat (19/4/2024).

Pihaknya juga menurunkan personel dalam kejadian tersebut, namun korban sudah lebih dulu menyelamatkan diri masing-masing dengan meminta bantuan kapal yang melintas.

Baca Juga :  Gubernur Lepas Keberangkatan 439 CJH ke Baitullah

Dilanjutkannya, dalam insiden tersebut tak terdapat korban jiwa. Sehingga disimpulkan pada siaga SAR khusus di tahun ini tak terdapat korban jiwa atau zero accident.

“Zero accident ini merupakan bentuk keberhasilan kita juga dalam pelaksanaan momen Lebaran yang mana masif pergerakan masyarakat,” lanjutnya.

Dalam pelaksanaan siaga SAR khusus, pihaknya turut melakukan patroli. Selain intens di perairan, personel SAR turut siaga di titik keramaian tempat wisata salah satunya Pantai Amal Tarakan.

Baca Juga :  Fasilitasi 5.660 Sertipikat Tanah di Daerah Perbatasan, Masyarakat Apresiasi Program Pemprov Kaltara

Pihaknya menggunakan dua unit Rigid Inflatable Boat (RIB) dan perahu karet untuk siaga SAR di Pantai Amal.

“Patroli ada. Tapi di tahun ini jumlah penumpang itu meningkat, tapi jumlah wisatawan tidak meningkat baik. Hanya saja kemacetan, di Pantai Amal itu sepi tidak seperti tahun sebelumnya,” imbuh Syahril.

Selama pelaksanaan siaga SAR khusus ini dikatakan Syahril, pihaknya melibatkan 65 personel. Saat inipun, siaga SAR khusus telah ditutup dan alutsista juga telah dikembalikan ke tempat yang semula.

Baca Juga :  Lembaga Yudikatif Dituntut Netral dalam Pelaksanaan Pilkada 2024

“Misi kami kita pertahankan, seperti tahun lalu juga zero accident,” pungkasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2871 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *