Hasil Pemilu jadi Indikator Sikap PDIP di Pilkada Kaltara 

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Pemetaan politik oleh setiap partai politik di tingkat daerah mulai terlihat eksistensinya masing-masing.

Strategi dan taktik yang dilakukan juga dengan perlu pertimbangan yang matang. Sehingga, bisa meraup kemenangan pada perhelatan kontestasi pada pilkada November akan datang. Sama halnya yang dilakukan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Kaltara, Albertus Stefanus Marianus menyampaikan pada prinsipnya PDI Perjuangan saat ini diminta untuk menginventarisir dari semua kalangan mulai dari tokoh agama, tokoh pemuda dan masyarakat umum lainnya untuk masing-masing melakukan komparasi.

Baca Juga :  Anggota DPR-DPRD-DPD Terpilih Wajib Mundur saat Maju Pilkada

“Kemudian yang kedua diharapkan masing-masing DPC diminta oleh DPP untuk membuat pemetaan demografi, serta pemetaan politik terkait dengan hal-hal yang menyangkut tataan peta politik pada pemilihan Kepala daerah tahun 2019,” ujarnya. Jumat (19/4/2024)

Hal-hal seperti itu akan dijadikan tolok ukur dalam menyikapi pemilihan kepala daerah yang dihelatkan pada November akan datang. Termasuk juga dengan perhelatan pemilihan umum tahun 2024 yang baru saja dilalui.

“Hal seperti ini kemudian yang akan didorong dan menjadi masukan bagi DPP partai,” jelasnya yang juga menjabat Ketua DPRD Kaltara.

Baca Juga :  PKS Berau Tetap Pilih Petahana, Golkar Usulkan Kadernya Posisi Wakil

Ia menyebut, tahapan yang dilakukan sangat selektif, mulai dari tingkat DPC, DPD hingga sampai dengan DPP. Berkaitan dengan penjaringan yang dibuka oleh masing-masing DPC itu merupakan dinamika yang tengah berjalan saat ini.

“Silakan karena itu dinamikanya, silahkan berproses setelah itu nanti akan didorong untuk di plenokan di tingkat DPC, selanjutnya ke DPD yang kemudian baru dikirimkan untuk menjadi bahan yang disampaikan ke DPP. Keputusan mutlak soal rekomendasi itu ada di DPP,” tukasnya.

Tahapan-tahapan tersebut, kata dia, sudah berjalan saat ini dengan membuka penjaringan tiap DPC yang berada di masing-masing Kabupaten.

Baca Juga :  Surat Tugas dari DPP Demokrat Perintahkan Dukung Sri Juniarsih

“Penjaringan itu sudah dimulai sejak 15 april kemarin, PDIP terbuka untuk masyarakat luas dari kalangan manapun untuk mengambil formulir penjaringan, hasilnya nanti akan diteruskan ke DPP,” tutupnya. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2728 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *