DPRD Berau Minta Mulok Bahasa Berau Direalisasikan, Disdik Sebut Begini

benuanta.co.id, BERAU – Anggota Komisi I DPRD Berau, Suharno meminta Dinas Pendidikan (Disdik) untuk merealisasikan penggunaan bahasa daerah Berau di sekolah.

“Karena sampai saat ini masih hanya sebatas wacana. Bahasa daerah Berau sangat penting untuk melestarikan budaya serta bahasa daerah Batiwakkal dan harus direalisasikan,” ucapnya Selasa (16/4/2024).

Menurutnya bahasa daerah dipergunakan untuk dunia pendidikan akan melahirkan generasi muda yang kenal budaya daerahnya sendiri.

Baca Juga :  Polisi Belum Bisa Pastikan soal EJ Dibunuh Karena Ketagihan Judi Online

“Tidak buta dengan bahasa daerahnya,” tegasnya.

Apalagi menurutnya pemerintah pusat juga sudah mengamanatkan 20 persen dari APBD Berau untuk pendidikan.

“Mudahan di tahun ajaran terdekat, Disdik dapat melakukan persiapan untuk menerapkan bahasa daerah Berau tersebut, untuk kemudian menjadi bahan pendidikan bagi para pelajar di Kabupaten Berau,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Berau Mardiatul Idalisah menyebut jika dalam kurikulum saat ini sudah tidak ada lagi muatan lokal, yang biasanya memuat soal pembelajaran bahasa daerah.

Baca Juga :  Ajukan Revisi Master Plan RSUD Talisayan

“Tapi ada yang namanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). P5 ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya,” imbuhnya.

Kendati demikian, dirinya menegaskan dalam kegiatan P5 ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim

Baca Juga :  KPU Berau Ingatkan Sanksi bagi PPK Tak Patuh

“Anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2854 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *