Dugaan Kebakaran di RSUD JSK, Polisi Simpulkan Korsleting Kipas Angin 

benuanta.co.id, TARAKAN – Tim Identifikasi Satreskrim Polres Tarakan telah melakukan olah TKP di Lantai 3 RSUD dr. H Jusuf SK yang nyaris terbakar pada Jumat, 12 April 2024. Hasilnya, terdapat korsleting pada kipas yang berada di plafon lantai 3 tersebut.

Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona melalui Kasat Reskrim, AKP Randhya Sakthika Putra menjelaskan, awalnya ia menerima informasi adanya kepulan asap di plafon di lantai 3 RSUD sekira pukul 01.00 WITA. Setelahnya, petugas yang melihat kepulan asap itu langsung menghubungi petugas Pemadam Kebakaran (PMK) dan kepolisian.

Baca Juga :  BMKG: Potensi Hujan Terjadi se Kaltara

“Setelah kami olah TKP juga asap diduga muncul dari kipas angin yang tidak pernah di matikan,” ujarnya saat dikonfirmasi, Ahad (14/4/2024).

Adapun posisi kipas angin tersebut memang berada di atas plafon untuk AC Central. Lantaran tak pernah dimatikan, kipas tersebut diduga korslet. Beruntung, korsleting kipas tersebut hanya menimbulkan kepulan asap. “Korbannya nihil,” imbuh Randhya.

Sejauh ini, pihaknya masih memeriksa 2 orang saksi dari petugas rumah sakit yang melihat kepulan asap itu. Pihak kepolisian juga berencana memanggil pihak rumah sakit yang memiliki kewenangan untuk dimintai keterangan.

Baca Juga :  BPJS Kesehatan Umumkan Aturan Baru Denda Iuran

“Kita belum panggil kalau pihak rumah sakitnya. Mungkin kita akan panggil di hari kerja. Jadi belum kita tahu detail peruntukkan kipas tersebut,” tuturnya.

Dari hasil olah TKP, pihaknya mengamankan satu buah kipas angin beserta kabel yang terbakar. Disinggung soal ahli pihaknya masih akan melihat kembali keterangan yang nantinya diberikan pihak rumah sakit. Namun, apabila diperlukan, maka akan meminta keterangan dari ahli.

“Sementara ini belum ada ke ahli. Rencananya juga akan memeriksa petugas atau teknisi yang memasang kipas-kipas tersebut,” tandasnya.

Baca Juga :  Siklon Tropis Terdeteksi di Laut Filipina, BMKG Tarakan Beberkan Dampaknya

Diberitakan sebelumnya, RSUD dr. H JSK nyaris terbakar pada Jumat, 12 April 2024 dini hari. Tampak beberapa pasien turut dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Beruntungnya, tak sempat ada api sehingga kepulan asap juga mampu ditangani petugas pemadam kebakaran.(*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2920 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *