Puluhan Mobil Hias Ramaikan Pawai Takbir Keliling di Nunukan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Puluhan kendaraan hias ramaikan Gema Takbir Keliling Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah yang di gelar oleh Pemerintah Kabupaten Nunukan pada Selasa, 9 April 2024 malam.

Bupati Nunukan, Hj Asmin Laura Hafid membuka acara sekaligus melepas puluhan peserta di garis start di Paras Perbatasan, Jalan Lingkar pulau Nunukan.

Laura mengungkapkan, di malam yang membahagiakan ini, seluruh umat muslim di tanah air mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid, untuk mengagungkan kebesaran Ilahi Rabbi, memuji-Nya dan memanjatkan rasa syukur kepada-Nya.

“Untuk itu mari kita jadikan momentum Pawai takbiran Idulfitri 1445 Hijriyah ini sebagai landasan untuk membangun kebersamaan menyukseskan pembangunan di Kabupaten Nunukan yang kita cintai ini,” ungkap Laura, Selasa (9/4/2024).

Baca Juga :  Penderita HIV di Nunukan Meningkat di Tahun 2023, Januari-April Sudah 9 Kasus

Selain itu, Laura juga berharap melalui pawai takbir ini dapat menjadi media untuk mempererat tali silaturahim, baik antar sesama muslim maupun antar umat beragama lainnya.

Sehingga kegiatan ini dapat menjadi ajang syiar islam yang mencerminkan tentang ajaran islam yang aman, damai dan saling menjaga toleransi, yang merupakan implementasi dari ajaran Islam yang rahmatan lil ‘alamin.

Sementara itu, untuk peserta yang mengikuti lomba pawai takbir keliling ini diikuti oleh sekitar 35 peserta baik kendaraan roda empat maupun roda enam.

“Kebetulan pawai takbir keliling ini merupakan kegiatan rutin yang selalu kita laksanakan setiap tahunnya dalam menyambut Hari Raya Idulfitri,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kunjungan ke Pos Satgas di Perbatasan, Tekankan Pentingnya Sinergitas

Laura juga, mengimbau kepada peserta pawai, untuk mengikuti arak-arakan pawai dengan tertib sampai ke garis finish, serta mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh panitia. Sehingga pawai takbiran ini dapat berlangsung dengan aman, lancar dan sukses.

“Tak lupa juga saya sampaikan ucapkan terimakasih kepada panitia penyelenggara, peserta pawai dan kepada aparat keamanan beserta jajarannya, yang telah meluangkan waktunya mengawal penyelenggaraan pawai takbiran ini,” ucapnya.

Sementara itu, dari hasil pantauan di lapangan, di sepanjang jalan dari garis start mulai dari Jalan Lingkar hingga garis finish di Tanah merah dipadati oleh masyarakat Nunukan yang begitu antusias menyaksikan pelaksanaan takbir keliling.

Adelia (27) salah satu warga mengatakan, pelaksanaan takbir keliling ini sudah menjadi tradisi dan hiburan tersendiri bagi masyarakat Nunukan setiap malam perayaan hari raya Idulfitri.

Baca Juga :  Gegara Bakar Ranting, Lahan Seluas 1 Hektare di Desa Binalawan Terbakar

“Sebenarnya kalau dibandingkan dengan malam ini tidak begitu ramai kalau dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, tapi kita sangat antusias menonton,” kata Adelia kepada benuanta.co.id, Selasa (9/4/2024).

Pelaksanaan pawai takbir keliling ini mendapatkan pengawalan ketat oleh pihak Kepolisian, Dinas Perhubungan dan Satpol-PP Nunukan. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2914 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *