BMKG Sebut Hujan Awet di Kaltara, Suhu Udara 23 Derajat Celcius 

benuanta.co.id, TARAKAN – Sejak dini hari, beberapa wilayah di Kaltara seperti Kota Tarakan, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Nunukan, dan KTT diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Kondisi hujan ini berlangsung hingga Ahad, 7 April 2024.

Forecaster BMKG Tarakan, Danurahni Aryashta menguraikan, suhu cuaca pada hari ini lebih dingin yakni berkisar 23 hingga 27 derajat celcius.

Adapun prediksi cuaca di wilayah Kaltara pada hari ini dominasi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Pada pagi hari menjelang siang hari wilayah Kaltara diguyur hujan dengan intensitas lebat. Hujan ini diprediksi masih akan terus berlangsung hingga siang hari.

Baca Juga :  Hujan Awet, Sejumlah Ruas Jalan di Tarakan Terendam 

Lanjut, memasuki siang hingga sore hari potensi hujan masih ada khususnya untuk wilayah Kabupaten Bulungan dan Kota Tarakan.

“Pada malam hari untuk Nunukan, Malinau dan Tana Tidung itu diprediksi berawan,” urainya, Ahad (7/4/2024).

Ia melanjutkan, memasuki dini hari, hujan petir diprediksi terjadi di Kabupaten Bulungan dan Kota Tarakan. Sementara wilayah Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Malinau diprediksi hujan ringan.

“Pada dini hari, Tana Tidung diprediksi berkabut,” sambungnya.

BMKG Tarakan juga mengeluarkan warning terhadap potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pagi, siang dan dini hari di wilayah Peso Hilir, Sekatak, Tana Lia, Tanjung Palas Timur dan Utara, Nunukan, Tarakan, Tanjung Selor, Bunyu dan sekitarnya.

Baca Juga :  BPJS Kesehatan Umumkan Aturan Baru Denda Iuran

Dilanjutkan Danu, prediksi kecepatan angin di
Perairan Kaltara untuk arah angin Barat Laut ke Timur Laut berkisar 2 hingga 20 knots dengan prakiraan tinggi gelombang 1,25 hingga 2,50 meter. Untuk perairan Sulawesi bagian Barat yakni dari arah angin Timur Laut ke Timur berkisar 8 hingga 20 knots dengan tinggi gelombang 1,25 hingga 2,50 meter.

“Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran juga khusunya perahu nelayan, kapal tongkang, kapal ferry, kapal ukuran besar seperti Kargo. Untuk kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter,” pungkasnya.(*)

Baca Juga :  Jualan di Trotoar, Satpol PP Tarakan Layangkan Teguran ke Sejumlah PKL

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2920 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *