Prediksikan Kunjungan Wisman Meningkat Libur Lebaran

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) memprediksikan jumlah wisatawan akan meningkat ke Kaltara selama hari libur panjang Idulfitri 1445 Hijriah.

Jumlah kenaikan kunjungan wisatawan ini diprediksikan akan meningkat berdasarkan dari pola data Dispar Kaltara pada momentum libur panjang Nasional.

Dijelaskan oleh Kepala Dispar Kaltara Njau Anau mengatakan kunjungan Wisman di destinasi wisata lokal biasanya akan bertambah saat hari libur akhir pekan. Dan jumlah peningkatan kunjungan itu akan melonjak drastis saat momentum libur panjang seperti libur panjang Idulfitri dan libur panjang perayaan Natal.

Baca Juga :  Dispar Kaltara Gelar Sertifikasi Kompetensi Pemandu Wisata

“Pola datanya pasti seperti itu, bahkan jumlah kunjungan Wisman bisa meningkat hingga 300 persen saat momentum libur panjang dan ini terjadi dihampir semua destinasi wisata lokal yang ada di Kaltara,” kata Njau Anau pada Sabtu, 6 April 2024.

Meski hari libur panjang biasanya identik dengan mudik, namun menurut Njau Anau hal itu tidak akan mempengaruhi jumlah kunjungan Wisman pada destinasi wisata lokal di Kaltara.

Pasalnya, baik masyarakat di wilayah perkotaan dan pedesaan akan melakukan kunjungan ke destinasi wisata untuk mengisi hari libur.

Baca Juga :  Desa Wisata Mangkaban Sebawang Lolos 50 Besar ADWI 2024

“Saya rasa mudik juga tidak mempengaruhi tingkat kunjungan Wisman kita, karena pasti banyak juga masyarakat yang tidak melakukan mudik dan lebih memilih libur di Kaltara saja,” ujarnya.

“Sebagai contoh kita dapat melihat kunjungan Wisman di Pantai Tana Kuning dan Pantai Amal Kota Tarakan. Pasti akan penuh dengan kunjungan Wisman saat libur panjang,” terangnya.

Karena jumlah kunjungan Wisman diprediksikan akan meningkat, Njau Anau pun berpesan agar destinasi wisata yang memiliki penginapan untuk bersiap-siap menghadapi lonjakan kunjungan Wisman dan menyiapkan lingkungan yang bersih bagi para Wiswan.

Baca Juga :  Dispar Kaltara Gelar Sertifikasi Kompetensi Pemandu Wisata

“Pastinya penginapan dan warung makan yang ada disekitar destinasi wisata juga pasti akan ramai, makanya mereka juga harus mempersiapkan diri agar baik warung makan dan penginapan, cukup untuk para Wisman,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2920 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *