BMKG Tanjung Harapan Prediksi Ahad Pagi Terjadi Hujan Sedang hingga Lebat

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Perkiraan cuaca pada Ahad (31/3/2024), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Harapan memberikan warning atas potensi hujan sedang dan lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang hingga Senin (1/4/2024) mendatang.

Berdasarkan laporan Forecaster BMKG Tanjung Harapan Sylvi Yulianti mengatakan, hujan berpotensi di sejumlah wilayah di Kalimantan Utara (Kaltara). Seperti Bulungan, Tarakan, Malinau dan Tana Tidung.

Ia menyebutkan, sejumlah daerah yang berpotensi hujan pada akhir pekan ini, antara lain Peso, Peso Hilir, Tanjung Palas Barat, Betayau, Muruk Rian, Sesayap, Kayan Hilir, Kayan Hulu, Kayan Selatan, Malinau Barat, Malinau Kota, Malinau Selatan, Malinau Utara, Mentarang, Mentarang Hulu, Pujungan dan Sungai Boh. Juga di Tarakan, sebagian Nunukan dan Bunyu.

Baca Juga :  Puluhan Rumah di Desa Bhayangkara Ludes Terbakar 

“Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada sore, malam, dan dini hari di wilayah Lumbis, Krayan Selatan, Kayan Hilir, Lumbis Pansiangan, Lumbis Hulu dan sekitarnya,” katanya, Sabtu (30/3/2024)

Di Bulungan, hujan di beberapa kecamatan diprakirakan turun pada Minggu pagi dan mulai pukul 05.00 Wita – 08.00 Wita. Seperti di Tanjung Selor dan sekitarnya.

Diperkirakan turun hujan sedang hingga lebat di hampir seluruh kecamatan di Bulungan pada Senin dini hari (01/04/2024).

Bahkan di 3 kecamatan di hulu Sungai Kayan, yakni Peso, Peso Hilir dan Tanjung Palas Barat, hujan dengan intensitas lebat yang disertai petir. Utamanya pada Senin pagi pukul 05.00 Wita.

Baca Juga :  Pemilihan Bupati Bulungan 2024 Tanpa Calon Independen

“Mulai pagi hingga siang berpotensi hujan terjadi di sejumlah daerah di Kabupaten Tana Tidung, dan Malinau. Begitu pun di beberapa kecamatan di Nunukan dan Tarakan,” ungkapnya.

Di Malinau hujan dengan intensitas lebat hampir di semua kecamatan. Utamanya di Mentarang, Mentarang Ulu, Malinau Barat, Malinau Selatan, Kayan Hilir, dan sekitarnya.

Tak hanya hujan, BMKG Tanjung Harapan juga memprakirakan gelombang laut masih cukup tinggi, meski sudah mulai melandai dibanding beberapa hari sebelumnya yakni dengan ketinggian antara 0,5 – 1,25 meter.

Baca Juga :  33 Orang Calon Panwascam Bulungan Ikuti Tes CAT

Arah angin Barat Laut- Timur Laut, 4 – 20 knots. Sementara di perairan bagian barat Laut Sulawesi, Arah angin Barat Laut- Timur Laut, 8 – 20 knots. Tinggi gelombang 1,5 – 2,5 meter.

Atas kondisi ini, BMKG mengimbau masyarakat diimbau untuk berhati-hati dan waspada. Utamanya yang dalam perjalanan. Waspadai juga genangan air dan potensi tanah longsor. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2710 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *