Harga Telur Ayam Ras Mulai Tembus Rp 72 Ribu

benuanta.co.id, TARAKAN – Memasuki hari ke-17 Ramadan tahun 2024, harga telur ayam ras mulai mengalami kenaikan harga di beberapa pasar tradisional Kota Tarakan.

Kenaikan tersebut berdampak pada penurunan omzet para pedagang sebesar 30 persen karena kurangnya minat pembeli.

Salah seorang penjual telur di Pasar Gusher Tarakan, Hasna mengungkapkan kenaikan harga telur ayam di sejumlah pasar tradisonal mulai terjadi awal hingga memasuki pertengahan bulan puasa.

“Sudah naik sejak awal puasa sampai pertengahan puasa sebenarnya. Rata-rata kenaikan harga telur mencapai Rp 8 ribu sampai Rp10 ribu per piring atau sekitar per 2 kilogram,” ujarnya.

Baca Juga :  Jaga Kebersihan Udara, Pemkot Tarakan Ajak Masyarakat Ramaikan CFD

Lanjutnya, telur ayam ukuran kecil dan sedang biasanya dijual Rp 55 ribu hingga Rp 58 ribu. Saat ini naik menjadi Rp 66 ribu sampai Rp 70 ribu per piringnya. Sedangkan untuk telur ukuran besar atau kualitas super biasanya dijual dengan harga Rp 63 ribu per piring sekarang menjadi Rp 72 ribu per piring.

Hal ini disebabkan oleh melonjaknya harga telur yang dipasokan dari daerah asal, yaitu Sulawesi Selatan. “Ditambah harga pakan ayam juga kan tinggi, mungkin itu penyebabnya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Miliki Tingkat Keamanan Tinggi, Imigrasi Tarakan Diberikan Target Pengguna E-Paspor

Ia berharap instansi terkait segera turun tangan mengatasi mahalnya harga telur di pasaran apalagi sudah menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

Terpisah, salah satu warga Tarakan, Nurlia, membenarkan adanya kenaikan harga telur ayam di pekan pertama puasa. “Belinya ukuran sedang saja di angka Rp 66 ribuan tapi ini naik. Jadi dia berubah harga. Serba salah mau beli cepat takut tidak bertahan, mau beli sekarang juga harga sudah melambung,” jelasnya.

Baca Juga :  Polres Tarakan Ingatkan Pengendara Tak Ugal-ugalan di Jalan

“Sekarang sudah mulai bikin kue ya pasti pakai telur. Tetangga juga sudah bikin kue, ya semogalah ada penurunan harga itu sih yang diharapkan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2647 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *