Dispar Kaltara Dorong Produk Kaltara Tembus Pasar Internasional

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Kegiatan Pameran Wisata Internasional/Bay Area Travel and Adventure Show 2024, yang berlangsung beberapa waktu yang lalu di San Fransisco, diakui Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) banyak memberikan dampak positif bagi perkembangan wisata lokal Kaltara.

Selain berhasil memperkenalkan pariwisata dan produk Kaltara secara internasional, ternyata kegiatan itu juga membuka wawasan baru bagi perkembangan pariwisata Kaltara.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1906 votes

Menurut Njau, kegiatan Pameran Wisata Internasional/Bay Area Travel and Adventure Show 2024,membuat Pemprov Kaltara lebih terbuka terhadap pasar internasional.

“Kita akhirnya paham kalau pasaran internasional itu tidak hanya bentuk promosi saja, tapi ada standar-standar yang perlu kita terapkan khususnya terhadap produk kuliner kita,” kata Kepala Dispar Kaltara Njau Anau, pada Selasa, 26 Maret 2024.

Njau Anau menjelaskan dalam aturan Internasional produk kuliner yang ingin dipasarkan harus memenuhi standar tertentu, selain berlabel halal produk kuliner juga harus mampu bertahan selama satu tahun dan tidak boleh kurang dari waktu tersebut.

“Keawetannya dan kemasannya semua ada standarnya dan hal inilah yang menjadi tantangan bagi kita, karena untuk ketahanan produk kuliner kita masih jauh dari standar itu. Berbeda dengan produk kerajinan kita yang sudah lolos dari aturan pasar internasional,” ujarnya.

Ia membeberkan saat ini ketahanan produk kuliner kemasan khas Kaltara hanya mampu bertahan paling lama 6 bulan, sehingga ke depannya hal ini akan menjadi pekerjaan rumah pemerintah bersama Dispar Kaltara untuk memperbaiki kualitas ketahanan produk kuliner khas Kaltara.

“Hal itu yang agak sulit, karena selain harus mempertahankan ketahanannya, kita juga harus mempertahankan cita rasa dan kandungan kesehatannya. Jadi memang sangat tidak mudah,” lanjutnya lagi.

“Makanya ke depannya kita berupaya agar hal ini bisa kita lakukan, sebagai pengembangan nilai-jual produk lokal kita secara internasional,” terangnya.

Saat ini, produk khas Kaltara diakui oleh Njau Anau sangat diminati oleh masyarakat mancanegara, hal ini terbukti dari banyaknya masyarakat mancanegara yang membeli produk khas Kaltara saat kegiatan Pameran Wisata Internasional/Bay Area Travel and Adventure Show 2024.

“Setiap orang bule singgah ke stand miliki kita, mereka pasti membeli produk yang kita pamerkan dan semua sangat memuji produk kita khususnya kerajinan tangan kita. Makanya ke depannya kita harus bisa masuk pasar internasional,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *