Pemprov Kaltara Optimis Raih WTP ke-10 Tahun Ini

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) optimis dapat kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kesepuluhnya di tahun 2024 ini.

Bagaimana tidak, jika dilihat dari Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban(LKPJ) penggunaan anggaran tahun 2023, Pemprov Kaltara mendapatkan hasil yang jauh lebih baik dari tahun 2022 lalu.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1976 votes

Sehingga dari capaian itu, Gubernur Provinsi Kaltara, Zainal Arifin Paliwang pun mengaku sangat optimis jika Pemprov Kaltara dapat mempertahankan penghargaan WTP ke-10.

Baca Juga :  Alat Tangkap Mini Trawl, DKP Kaltara: Sesuaikan Zona Penangkapan

“Tentu kita sangat optimis, artinya capaian hasil positif yang dihasilkan Pemprov Kaltara harus bertahan atau lebih baik lagi. Oleh karena itu juga, kita sangat optimis dengan WTP ke-10 kita,” kata Zainal, Selasa, 19 Maret 2024.

Ia menuturkan capaian realisasi anggaran yang dihasilkan oleh Pemprov Kaltara di tahun 2023 lalu, juga dibarengi oleh perkembangan beberapa sektor yang juga berkembang dengan hasil yang positif. Di mana indeks pembangunan manusia pada tahun 2023 tercatat sebesar 71,83 persen atau naik 1,46 persen dari tahun 2022. Angka kemiskinan sebesar 4,73 persen atau turun sebesar 0,32 persen dari tahun 2022, angka pengangguran 4,01 persen atau turun sebesar 0,32 persen, laju pertumbuhan ekonomi sebesar 4,94 persen, pendapatan perkapita 201,75 persen atau naik 4,76 persen dan ketimpangan pendatapan ada diangka 0,277 poin.

Baca Juga :  Usulan CASN Pemprov Kaltara Disetujui 

Hal ini belum ditambahkan dengan indsutri priemer seperti pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan dan pertambangan. Industusri pengelolahan, industri ketenagalistrikan, industri perdanganggan dan jasa, industri pengembangan desa, industri pariwisata dan ekonomi kreatif, yang juga berkembanh dengan hasil yang memuaskan.

“Buktinya di tahun ini capaian realiasasi kita mengalami peningkatan dan peningkatan itu dibuktikan dengan kemanfaatan yang memang berdampak langsung kemasyarakat. Makanya hasil yang positif ini harus menjadi acuan semangat kita untuk membangun Kaltara yang jauh lebih baik di tahun ini,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Kabinda Kaltara Beberkan Potensi Besar Hoaks

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *