Polres Tarakan Skemakan Patroli Balap Liar Selama Ramadan

benuanta.co.id, TARAKAN – Selama ramadan, Polres Tarakan meningkatkan intensitas patroli guna mengantisipasi aksi balap liar serta kejahatan di jalan raya.

Patroli yang dilakukan menyasar beberapa aktivitas masyarakat diantaranya pengamanan pasar ramadan, pengamanan salat tarwih dengan mengerahkan unsur Sat Samapta beserta jajaran Polsek di Polres Tarakan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1970 votes

Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona melalui Kabag Ops, AKP M.Aris Kelana Putra, menjelaskan aksi balap liar paling banyak terjadi selama bulan ramadan. Pihaknya pun telah memetakan patroli yang dimulai sejak pukul 04.00 WITA hingga 06.00 WITA.

Baca Juga :  Libur Lebaran 2024 Telah Usai, Pj Wali Kota Sidak Pegawai Pemkot di Hari Pertama Kerja

“Terdapat kekuatan personel yang kita siagakan, patroli ini untuk mencegah balap liar dan balap lari dan gangguan kamtibmas. Seperti yang kita lakukan pada Minggu (kemarin) sekitar pukul 04.30 WITA, sudah kita start,” jelasnya, Senin (18/3/2024).

Ditegaskan Kabag Ops, kenakalan remaja berupa balap liar ini kerap terjadi di area Islamic Center Jalan Sei Sesayap Kelurahan Kampung Empat dan di bundaran Jembatan Keramat. Patroli yang dilakukan dibagi dua tim dengan masing-masing 7 orang personel.

“Untuk patroli Samapta dikhususkan mendatangi TKP yang menjadi laporan warga untuk respon cepat. Selain itu, Tim Patroli Presisi Sat Samapta Polres Tarakan turut melaksanakan giat patroli antisipasi balapan liar yang menyasar Jalan Yos Sudarso dan Jalan Mulawarman,” bebernya.

Baca Juga :  Dugaan Kebakaran di RSUD JSK, Polisi Simpulkan Korsleting Kipas Angin 

Selain patroli Samapta terdapat pula Patroli Antisipasi Bali (Balap Liar) di Masjid Islamic Center dan Bundaran Keramat, dengan kekuatan personel sebanyak 4 orang. Patroli Antisipasi Bali ini diawali menyisir Simpang Empat GTM, menuju Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Yos Sudarso hingga ke Stadion Datu Adil.

“Patroli ini untuk mencegah dan mempersempit ruang gerak kemungkinan adanya balapan liar ataupun potensi laka lantas. Hasilnya tidak di temukan pelanggaran masyarakat,” tutur perwira balok tiga itu.

Patroli tersebut juga menyasar Jalan Kusuma Bangsa, Kelurahan Gunung Lingkas. Namun, di wilayah tersebut, kegiatan intens dilakukan oleh Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (Polsek KSKP) yang dimulai pukul 04.35 WITA.

Baca Juga :  Momen Lebaran, 13 Ribu Penumpang Padati Pelabuhan Malundung 

“Polsek KSKP ini mengunjungi 3 titik yaitu Depan masjid Jami Baiturrahim, Simpang 3 Telaga Keramat dan depan kantor kelurahan Lingkas ujung. Hasilnya masih sama, tidak kita temukan kegiatan balap lari maupun balap liar di sepanjang Jalan Kusuma Bangsa,” ucapnya.

Sejauh ini, petugas memberikan teguran dan langsung melakukan pembubaran jika terdapat indikasi balap liar di beberapa titik yang sudah dipetakan. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *