Kolaborasi Bersama Bulog, DPKP Kaltara Gelar GPM di Lapangan Agathis

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Kerja sama bersama Bulog Kabupaten Bulungan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) kembali menggelar Gerakan Pangan Murah(GPM) di Lapangan Agathis Tanjung Selor Kabupaten Bulungan.

GPM merupakan salah satu upaya dari DPKP Kaltara bersama pemerintah kabupaten dan kota, untuk mencegah terjadinya inflasi kenaikan harga sembako.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1895 votes

Kepala DPKP Kaltara, Heri Rudiono menjelaskan, GPM bertujuan untuk membantu masyarakat Kaltara khususnya Kabupaten Bulungan dalam mendapatkan kebutuhan Sembako di bulan Ramadan dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat.

Baca Juga :  DPKP Kaltara Harap Bongkar Muat Ketahanan Pangan Diprioritaskan 

“Kita tahu momentum Ramadan identik dengan kenaikan harga pangan, sehingga kita di DPKP Kaltara berkolaborasi dengan pihak Bulog untuk menggelar GPM ini dan tentu kita sangat berterima kasih juga kepada pihak Bulog yang sudah menyediakan sembako dengan harga murah ini,” kata Heri Rudiono pada Senin, 18 Maret 2024.

GPM kali ini, DPKP Kaltara juga menyediakan berbagai macam jenis Sembako dengan harga yang murah seperti bawang merah, bawang putih, minyak goreng, gula, telur ras dan beras.

Baca Juga :  DPKP Kaltara Lakukan Pemetaan Lahan Pertanian Baru

Beras menjadi salah satu Sembako yang diwajibkan dalam kegiatan GPM ini, dikarenakan harganya yang sudah melonjak di pasaran.

“Untuk kondisi beras kita memang aman-aman saja di Kaltara, tapi karena beberapa kondisi menyebabkan harganya pun melonjak. Makanya kita meminta kepada pihak Bulog untuk sebisa mungkin menyiapkan beras dan beberapa Sembako lainnya di kegiatan GPM,” jelasnya.

“Alhamdulillah untuk beras, minyak goreng dan gula semuanya tersiapkan dengan baik. Sedangkan selebihnya kita memesannya dari agennya langsung,” bebernya.

Baca Juga :  DPKP Kaltara Harap Bongkar Muat Ketahanan Pangan Diprioritaskan 

Kegiatan GPM ini, Pemprov Kaltara melalui DPKP Kaltara memberikan subsidi ongkos angkut untuk setiap Sembako yang dijual dengan tujuan dapat dijual kembali dengan harga yang murah kepada masyarakat.

“Selisih harganya dengan harga normal di pasaran cukup signifikan, karena kita memberikan subsidi ongkos angkut sehingga Sembako yang dijual di sini pun harganya jauh lebih murah,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *