Hujan Sedang hingga Lebat Berpotensi Guyur Bulungan

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Harapan, memprediksi intensitas hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi dalam rentang waktu beberapa hari ke depan.

Hal itu, disampaikan oleh Forecaster Stasiun Meteorologi Tanjung Harapan, Sylvi Yulianti, dikatakan peakiraan cuaca di wilayah Kaltara hingga 18 Maret 2024 mendatang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2024 votes

“Hal ini disebabkan karena terpantaunya bibit siklon tropis 94S di laut Arafuru bagian Selatan dengan kecepatan angin maksimum 30 knot dan tekanan udara 998 hPa yang bergerak ke arah tenggara,” ujarnya, Ahad (17/3/2024).

Baca Juga :  BMKG Perkirakan Potensi Hujan Lebat Terjadi di Beberapa Wilayah di Kaltara

Sistem ini yang menginduksi terbentuknya daerah perlambatan angin atau konvergensi memanjang di wilayah Indonesia, salah satunya dari Kaltara hingga Kalimantan Barat.

Ditambah dengan kondisi labilitas lokal yang kuat sehingga kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Kaltara.

Sementara itu, dari rilis perkiraan cuaca yang disiarkan langsung oleh BMKG Tanjung Harapan, Tanjung Selor di Kabupaten Bulungan sendiri ada beberapa kecamatan yang masuk dalam perkiraan hujan sedang dan lebat.

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Bulungan Gelar Sosialisasi Manfaat Program Sektor Jasa Konstruksi

Di antaranya Kecamatan Tanjung Selor berpotensi hujan ringan pada pukul 11.00 WITA, yang kemudian dilanjutkan dengan berawan hingga berawan total.

Kemudian, Kecamatan Sekatak berpotensi terjadi hujan ringan hingga lebat pada pukul 20.00 WITA. Sedangkan dari pukul 08.00-14.00 WITA, kecamatan ini masuk dalam kategori berawan.

Selanjutnya di Kecamatan Peso, prediksi BMKG Tanjung Harapan kecamatan ini akan diguyur hujan pada pukul 14.00 WITA. Kemudian hujan dilanjutkan pada malam hari yaitu pukul 20.00 WITA. Sementara untuk kecamatan lainnya, dalam kurun waktu tersebut diprediksi berawan hingga berawan total.

Baca Juga :  Aksi Sosial Bantu Warga Terdampak Kebakaran

Kepada masyarakat, dianjurkan untuk tetap waspada, tetap dan selalu menyiapkan pelindung diri ketika hendak keluar rumah. Tetap antisipasi terhadap gelombang laut, serta potensi anggin yang dapat membahayakan keselamatan diri.(*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *