Polres Nunukan Target Kurangi Angka Kecelakaan dan Disiplinkan Pengendara 

benuanta.co.id, NUNUKAN – Kepolisian Resor (Polres) Nunukan melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Kayan 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan pada Sabtu, 2 Maret 2024.

Apel ini dipimpin langsung oleh Kapolres Nunukan, AKBP Taufik Nurmandia dengan melibatkan puluhan personel gabungan dari TNI-Polri, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Satuan Pengamanan, komunitas roda dua, serta perwakilan Siswa/Siswi.

Taufik mengatakan, apel ini dilaksanakan tidak hanya sebagai pengecekan kesiapan personel, tetapi juga sebagai bentuk sinergitas antara Polri dengan instansi terkait untuk memastikan operasi kepolisian berjalan aman dan lancar.

“Operasi Keselamatan Kayan 2024 ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari, terhitung mulai 04 Maret 2024 sampai dengan 17 Maret 2024 mendatang,” kata Taufik, Sabtu (2/3/2024).

Baca Juga :  Mantan Bendahara RSUD Nunukan jadi Tersangka Korupsi  

Taufik mengatakan, operasi ini bertujuan meningkatkan disiplin berlalu lintas pagi pengendara, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas, serta mengurangi fatalitas korban.

Dijelaskannya, selama operasi personel akan melakukan tindakan yang dilakukan mencakup aspek preemtif, preventif, dan represif.

Tindakan preemtif meliputi deteksi dini terhadap kemacetan dan titik rawan kecelakaan disejumlah jalan utama. Lalu untuk tindakan preventif ialah berupa himbauan kepada masyarakat melalui berbagai media sosial terkait tata tertib berlalu lintas.

Baca Juga :  Kisah Asal Usul Kampung Atap Sembakung

“Kemudian untuk tindakan represif ini pengendara yang didapati melanggar aturan akan kita kenakan tilang secara elektronik,” ungkapnya.

Taufik menyampaikan, Operasi Keselamatan Kayan dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan ini dilakukan dalam rangka cipta kondisi untuk menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas lantas menjelang Idul Fitri 1445 H.

Menurutnya, keberhasilan operasi ini merupakan tanggung jawab bersama yang harus dipenuhi dan dijalankan dengan baik.

“Kita juga tekankan kepada personel yang terlibat dalam operasi ini untuk memperkuat sinergitas dan soliditas serta menjaga koordinasi dengan instansi terkait demi mendukung pelaksanaan tugas di lapangan,” tegasnya.

Baca Juga :  WNA Malaysia Selundupkan Sabu dalam Anus, Mengaku karena Terlilit Hutang 

Operasi ini diharapakan dapat membawa dampak positif dalam meningkatkan keselamatan berlalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan di wilayah Nunukan.

“Kita juga minta kepada masyarakat agar taat dan tertib berlalulintas dan mengutamakan keselamatan saat berkendara,” pungkasnya.(*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2654 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *