DPRD Kaltara Minta Hak yang Layak untuk Dokter di Perbatasan

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Masalah pemerataan dan peningkatan mutu pelayanan tidak terlepas dari peningkatan jangkauan dan perluasan pelayanan kesehatan, termasuk pembangunan kesehatan di daerah-daerah terpencil dan daerah perbatasan.

Meski pemerintah sudah membuka lowongan untuk penempatan dokter di daerah Krayan Kabupaten Nunukan sejak 2023 lalu, hingga kini masih sepi peminat.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1997 votes

Menanggapi hal tersebut ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) Kalimantan Utara (Kaltara) Albertus Stefanus Marianus mengatakan, perlu adanya kajian untuk menyekolahkan atau memberikan beasiswa anak-anak daerah untuk ditempatkan kedaerahan asal khususnya di bidang kesehatan, sebab menurutnya hal tersebut sangatlah penting.

Baca Juga :  Komisi IV DPRD Kaltara Dukung Penuh Helatan PON XXI Aceh - Sumut

“Itulah berbedanya kita dengan dokter militer ketika selesai pendidikan, mereka siap ditempatkan dimana saja meskipun daerah terpencil, kalau dokter biasa ketika di tempat di daerah pedalaman misalnya. Dua tahun paling lama minta kembali ke daerah asal dan itu selalu menjadi alasannya,” ucapnya, Kamis (29/2/2024).

Albert sapaan akrabnya juga mengatakan, meminta kepada pemerintah daerah maupun provinsi untuk memberikan hak yang selayaknya, sehingga jika ada dokter dari pulau Jawa yang berminat untuk mengabdi merasa tidak berbeda meskipun kondisinya berada di pedalaman.

Baca Juga :  Dukung Penuh Pemanfaatan SDM Lokal untuk Lapangan Kerja

“Naikkan lagi gaji dan tunjangan jika ada dokter yang mau ditempatkan di wilayah perbatasan dan dokter yang sudah ditempatkan, hak-hak juga harus terpenuhi,” katanya.

Tak hanya itu, dirinya hanya bisa berharap, pada petugas kesehatan yang ada saat ini, dapat bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada individu, keluarga dan masyarakat sebab kesehatan sangat penting.

Baca Juga :  Usaha Pariwisata di Pantai Tanah Kuning Harap Dapat Pembinaan

“Dalam bidang kesehatan memiliki peran penting dalam memberikan perawatan, diagnosis, pengobatan, serta promosi kesehatan kepada individu dan masyarakat secara umum,” pungkasnya.(*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *