Pastikan Kesiapsiagaan Prajurit, Lanal Nunukan Gelar Uji Tempur

benuanta.co.id, NUNUKAN – Pastikan kesiapsiagaan prajurit, Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Nunukan gelar uji gladi tugas tempur (Glagaspur) P1-P2 di Mako Lanal Nunukan.

Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Nunukan Letkol Laut (P) Handoyo mengatakan, uji Glagaspur ini P1-P2 dilakukan oleh tim uji dari Komando Latihan (Kolat) Koarmada II.

“Untuk pelaksanaannya kita lakukan selama dua hari, yakni dari Senin (26/2) hingga (27/2),” kata Handoyo kepada benuanta.co.id.

Baca Juga :  Bakal Gelar Pawai Budaya di Nunukan, Polres Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Handoyo mengatakan, uji terampil ini sejatinya dilaksanakan setiap tahunnya. Kegiatan ini meliputi pengecekan software, kecakapan bahari, peraturan baris berbaris, bongkar pasang senjata, valreep, purba jaga, menembak pistol dan laras panjang, renang militer, peran penindakan huru-hara, peran anti teror dan sabotase, peran tempur bahaya umum, bahaya permukaan dan udara, peran PEK dan peran penindakan huru-hara.

“Ini merupakan tolak ukur kemampuan dan kesiapan suatu pangkalan dalam menghadapi ancaman, gangguan dan serangan pihak lawan atau musuh, serta untuk menguji kemampuan profesionalisme prajurit baik secara individu maupun dalam beregu,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kisah Asal Usul Kampung Atap Sembakung

Selain itu, pelaksanaan uji terampil Glagaspur P1 – P2 ini juga bertujuan mengetahui kesiapsiagaan para prajurit dalam menguasai pos tempur, prosedur peran-peran, penggunaan peralatan di pangkalan serta mampu bertindak cepat dalam keadaan darurat.

“Yang terpenting menyiapkan mental prajurit dalam menjalankan tugas tanggung jawab,” ucapnya.

Handoyo berharap, agar segala materi yang diberikan kiranya dapat dipahami, dimengerti serta dapat dilaksanakan dengan baik oleh para prajurit Lanal Nunukan. (*)

Baca Juga :  Sempat Terjadi Pemadaman Listrik di Nunukan, PLN Ungkap Penyebabnya

Reporter: Novita A.K

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2653 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *