Pastikan Kesiapsiagaan Prajurit, Lanal Nunukan Gelar Uji Tempur

benuanta.co.id, NUNUKAN – Pastikan kesiapsiagaan prajurit, Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Nunukan gelar uji gladi tugas tempur (Glagaspur) P1-P2 di Mako Lanal Nunukan.

Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Nunukan Letkol Laut (P) Handoyo mengatakan, uji Glagaspur ini P1-P2 dilakukan oleh tim uji dari Komando Latihan (Kolat) Koarmada II.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1902 votes

“Untuk pelaksanaannya kita lakukan selama dua hari, yakni dari Senin (26/2) hingga (27/2),” kata Handoyo kepada benuanta.co.id.

Baca Juga :  Dinkes Catat 92 Kasus DBD di Nunukan, 2 Orang Meninggal Dunia

Handoyo mengatakan, uji terampil ini sejatinya dilaksanakan setiap tahunnya. Kegiatan ini meliputi pengecekan software, kecakapan bahari, peraturan baris berbaris, bongkar pasang senjata, valreep, purba jaga, menembak pistol dan laras panjang, renang militer, peran penindakan huru-hara, peran anti teror dan sabotase, peran tempur bahaya umum, bahaya permukaan dan udara, peran PEK dan peran penindakan huru-hara.

Baca Juga :  1.990 WBP di Kaltara Dapat Remisi Lebaran Idulfitri 1445 H, 9 Orang Langsung Bebas

“Ini merupakan tolak ukur kemampuan dan kesiapan suatu pangkalan dalam menghadapi ancaman, gangguan dan serangan pihak lawan atau musuh, serta untuk menguji kemampuan profesionalisme prajurit baik secara individu maupun dalam beregu,” ungkapnya.

Selain itu, pelaksanaan uji terampil Glagaspur P1 – P2 ini juga bertujuan mengetahui kesiapsiagaan para prajurit dalam menguasai pos tempur, prosedur peran-peran, penggunaan peralatan di pangkalan serta mampu bertindak cepat dalam keadaan darurat.

Baca Juga :  Arus Mudik di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan Meningkat

“Yang terpenting menyiapkan mental prajurit dalam menjalankan tugas tanggung jawab,” ucapnya.

Handoyo berharap, agar segala materi yang diberikan kiranya dapat dipahami, dimengerti serta dapat dilaksanakan dengan baik oleh para prajurit Lanal Nunukan. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *