Harapkan Ada Sinergi Terkait Pembahasan Ranperda

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Sebelumnya dilakukan pandangan umum fraksi-fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) terhadap nota pengantar 5 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) prakarsa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara dan pendapat Pemprov Kaltara terhadap nota penjelasan 3 Ranperda inisiatif DPRD Kaltara. Itu terlaksana pada rapat paripurna ke-6 masa persidangan I.

Dalam rapat paripurna ke-7 juga telah berjalan pada hari Selasa, 27 Februari 2024 yang berlangsung secara lancar. Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Kaltara, Albertus Stefanus Marianus, ST dan para anggota DPRD Kaltara dan perwakilan dari Pemprov Kaltara.

“Agenda utama rapat mencakup dua poin penting. Pertama, jawaban pemerintah terhadap pandangan umum Fraksi-fraksi atas nota pengantar 5 Ranperda prakarsa Pemprov Kaltara,” ucap Albertus Stefanus Marianus.

Lanjutnya, poin kedua dalam rapat paripurna ini adalah tanggapan Fraksi-fraksi terhadap pendapat pemerintah atas nota penjelasan 3 Ranperda inisiatif DPRD Provinsi Kaltara.

“Ranperda inisiatif DPRD diantaranya Ranperda tentang Pembangunan Wilayah Perbatasan Provinsi Kalimantan Utara, Ranperda tentang Pendidikan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan serta Ranperda tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas,” sebutnya.

Baca Juga :  Komisi IV DPRD Kaltara Dukung Penuh Helatan PON XXI Aceh - Sumut

Sementara itu, untuk 5 ranperda prakarsa Pemprov Kaltara diantaranya Ranperda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2022 sampai dengan Tahun 2042 dan Ranperda tentang Penyelenggaraan Inovasi Daerah.

Ranperda tentang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular, Ranperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2025 sampai dengan 2045. Kemudian, Ranperda tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Perlindungan Tenaga Kerja Melalui Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

“Pemprov Kaltara mengapresiasi tinggi kepada DPRD atas penerimaan dan pembahasan Ranperda yang diajukan oleh Pemerintah, serta menegaskan komitmen pemerintah untuk menjalin sinergitas bersama DPRD dalam penyusunan Ranperda,” tuturnya.

Baca Juga :  Raperda Inisiatif Ditarget DRPD Kaltara Tuntas Sebelum Habis Masa Jabatan

Setelah itu, rapat dilanjutkan dengan tanggapan fraksi-fraksi terhadap tiga Ranperda Inisiatif DPRD. Fraksi-fraksi yang diwakili oleh anggota DPRD masing-masing, secara bergantian menyampaikan pandangan dan tanggapan terhadap Ranperda yang diajukan.

“Kita berharap bahwa kerja sama dan sinergi antara pemerintah dan DPRD akan terus berlanjut untuk mendukung kemajuan Provinsi Kaltara,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *