Pemkot Bakal Alokasikan Rp 10 Miliar untuk PJU di Tarakan

benuanta.co.id, TARAKAN – Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan pemasangan lampu baru untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) di seluruh titik di Kota Tarakan.

Pemasangan lampu tersebut akan dilakukan secara bertahap dan pemasangan dilakukan dengan mengutamakan jalan utama terlebih dahulu.

Kepala Dishub Tarakan, Ahmady Burhan mengungkapkan pihaknya menggantikan lampu lama dengan lampu LED yang baru. Saat ini penggantian tersebut sudah dilakukan dijalan utama.

“Yang kita utamakan di jalan jalan utama dulu mulai dari jalan samping bandara sampai juata. Kita harapkan semua bisa terpasang bulan ini,” ujar Ahmdy Burhan.

Baca Juga :  Dinsos Tarakan Kucurkan Rp 10,2 Miliar Bayar Iuran BPJS Kesehatan untuk Masyarakat Kurang Mampu

Ia mengungkapkan aggaran pemasangan lampu tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kota Tarakan. Total anggaran tersebut diperkirakan sekitar Rp 10 miliar untuk se-kota Tarakan.

Dikatakan Ahmady, penyelesaian pemasangan lampu dilakukan secara bertahap karena lampu-lampu tersebut memiliki daya listrik yang berbeda-beda mulai dari 120 watt, 90 wat dan 40 watt. Tak hanya itu saja, pihaknya pun harus menyesuaikan kondisi tiang termasuk juga posisi, ketinggian tiang.

Baca Juga :  Empat Anak dengan Kasus Penganiayaan Diberikan PMP

“Kalau di jalan jalan lingkungan nanti kita ganti 40 watt. Kita lakukan pemasangan lampu LED yang tahan lama, garansi juga lama sehingga lama juga dimanfaatkan oleh masyarakat,” jelasnya.

Disinggung mengenai tiang PJU, ia membeberkan terdapat 125 unit dan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) dialokasikan untuk daerah-daerah yang tidak terjangkau jaringan PLN.

“Kita coba akomodir usulan masyarakat melalui pjuts. Jadi PJUTS dialokasikan untuk kegiatan di tahun 2024 ini. Sudah dalam proses pengerjaan. Dan tersebar di seluruh kelurahan di Tarakan termasuk di Pulau Sadau sudah ada masuk beberapa,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Seleksi Sekolah Kedinasan di Tarakan Sepi Peminat

Reporter: Sunny Celine

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *