Pemkot Bakal Alokasikan Rp 10 Miliar untuk PJU di Tarakan

benuanta.co.id, TARAKAN – Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan pemasangan lampu baru untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) di seluruh titik di Kota Tarakan.

Pemasangan lampu tersebut akan dilakukan secara bertahap dan pemasangan dilakukan dengan mengutamakan jalan utama terlebih dahulu.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1941 votes

Kepala Dishub Tarakan, Ahmady Burhan mengungkapkan pihaknya menggantikan lampu lama dengan lampu LED yang baru. Saat ini penggantian tersebut sudah dilakukan dijalan utama.

Baca Juga :  Pj Wali Kota Tekankan Penanganan Volume Sampah Selama Lebaran

“Yang kita utamakan di jalan jalan utama dulu mulai dari jalan samping bandara sampai juata. Kita harapkan semua bisa terpasang bulan ini,” ujar Ahmdy Burhan.

Ia mengungkapkan aggaran pemasangan lampu tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kota Tarakan. Total anggaran tersebut diperkirakan sekitar Rp 10 miliar untuk se-kota Tarakan.

Dikatakan Ahmady, penyelesaian pemasangan lampu dilakukan secara bertahap karena lampu-lampu tersebut memiliki daya listrik yang berbeda-beda mulai dari 120 watt, 90 wat dan 40 watt. Tak hanya itu saja, pihaknya pun harus menyesuaikan kondisi tiang termasuk juga posisi, ketinggian tiang.

Baca Juga :  Arus Balik Padati Dermaga Pelabuhan Tengkayu I Tarakan 

“Kalau di jalan jalan lingkungan nanti kita ganti 40 watt. Kita lakukan pemasangan lampu LED yang tahan lama, garansi juga lama sehingga lama juga dimanfaatkan oleh masyarakat,” jelasnya.

Disinggung mengenai tiang PJU, ia membeberkan terdapat 125 unit dan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) dialokasikan untuk daerah-daerah yang tidak terjangkau jaringan PLN.

Baca Juga :  Berkat Gubernur Kaltara, Bandara Juwata Tarakan Dapat Extra Flight Arus Balik dari 2 Maskapai

“Kita coba akomodir usulan masyarakat melalui pjuts. Jadi PJUTS dialokasikan untuk kegiatan di tahun 2024 ini. Sudah dalam proses pengerjaan. Dan tersebar di seluruh kelurahan di Tarakan termasuk di Pulau Sadau sudah ada masuk beberapa,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *