Kejar Terget, Identitas Kependudukan Digital Terus Ditingkatkan 

benuanta.co.id, Bulungan – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) terus berupaya meningkatkan penerbitan Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi wajib KTP di daerah tersebut. IKD merupakan bentuk digital dari KTP elektronik.

Kepala Disdukcapil Kaltara, Sanusi melalui Sekretaris Disdukcapil Kaltara, Sumaji mengatakan hingga saat ini masih banyak wajib KTP yang belum menerima IKD. Padahal, Disdukcapil Kaltara telah ditargetkan tahun ini harus 25 persen dari wajib KTP di Kaltara yang sudah memiliki IKD.

Baca Juga :  Alhamdulillah, Seluruh Jemaah Haji Kaltara Terpantau Sehat di Madinah

“Target ini juga masih berat, karena masih banyak kita temukan warga yang menggunakan handphone tulalit (Feature Phone). Tapi tetap kita kejar,” ujar Sumaji kepada benuanta.co.id pada Jumat, 23 Februari 2024.

Sumaji menjelaskan, IKD memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah memudahkan warga dalam mengurus berbagai layanan publik yang membutuhkan identitas. Misalnya, untuk perbankan dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) baik kesehatan maupun ketenagakerjaan.

Baca Juga :  Turunkan Stunting di Kaltara Perlu Harmonisasi hingga Sinkronisasi yang Kuat

“Di Jawa Timur, IKD sudah mulai dipakai untuk layanan tersebut. Kalau di Kaltara seperti masih belum karena saat ke bank masih meminta fisik (KTP elektronik). Padahal, IKD ini sudah sah dan legal sebagai identitas kependudukan,” ujarnya.

Sumaji berharap, IKD dapat segera diterima dan dimanfaatkan oleh masyarakat Kaltara. Ia mengimbau warga yang sudah memiliki Smartphone untuk segera mengunduh aplikasi Dukcapil Go dan mengaktifkan IKD-nya.

“Dari target 25 persen, data kita baru sekitar 8 atau 9 persen yang sudah IKD. Namun untuk KTP elektronik dan IKD di Kaltara sementara ini berjalan dua-duanya, IKD jalan secara pelan-pelan,” pungkasnya. (*) 

Baca Juga :  Tangani Banjir di Malinau, BPBD Kaltara Intens Koordinasi dengan Pemda

Reporter: Heri Muliadi

Editor:  Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2963 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *