DPUPR Perkim Kaltara akan Gelar Pelatihan Juru Gambar BIM

benuanta.co.id, BULUNGAN – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPR Perkim) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) kembali mengadakan pelatihan juru gambar Building Information Modeling (BIM) di tahun 2024 ini. Pelatihan BIM sebelumnya telah terlaksana pada akhir tahun 2023 lalu.

Kepala Bidang Bina Jasa Konstruksi Dinas PUPR Perkim Kaltara, Korsiana melalui Koordinator Lapangan Kegiatan BIM, Arif Fitra menjelaskan jika sebelumnya dikhususkan bagi tenaga konstruksi dari lulusan strata 1.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1975 votes

“Kali ini dikhususkan bagi lulusan sekolah menengah atas (SMA) atau sekolah menengah kejuruan (SMK) yang telah memiliki pengalaman minimal 1 tahun,” ucapnya kepada benuanta.co.id, Senin, 19 Februari 2024.

Baca Juga :  Sungai Selor dan Sungai Buaya akan Kembali Dinormalisasi

Dia mengatakan pendaftarannya gratis tanpa pungutan biaya, pendaftaran pelatihan dilakukan mulai tanggal 16 sampai 29 Februari 2024. Untuk pelaksanaannya dilaksanakan pada tanggal 4 sampai 8 Maret 2024 yang akan dilaksanakan di Tanjung Selor.

“Untuk kuotanya 1 kelas itu sebanyak 30 orang, kalau nanti lebih misalnya 40 orang maka kita akan ambil 1 kelas saja. Sedangkan sisanya nanti diakhir tahun,” paparnya.

Baca Juga :  Sungai Selor dan Sungai Buaya akan Kembali Dinormalisasi

Arif Fitra menjelaskan BIM merupakan sebuah sistem, cara dan prosedur yang sudah diterapkan dalam bidang perencanaan, proses konstruksi dan pengelolaan proyek baik di luar negeri  maupun dibeberapa konsultan, kontraktor dan BUMN besar di Indonesia, bahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga sudah menerapkan teknologi BIM ini.

Seiring dengan perkembangan saat ini di Indonesia masih banyak sekali membutuhkan tenaga konstruksi yang memahami teknologi BIM ini, dan hal inilah menjadikan dasar Itenas bekerjasama dengan Balai Penerapan Teknologi Konstruksi Kementerian PUPR dan LPJK Jawa Barat mengadakan kegiatan Bimbingan Teknik Penerapan Teknologi BIM bagi tenaga ahli di bidang konstruksi.

Baca Juga :  Sungai Selor dan Sungai Buaya akan Kembali Dinormalisasi

“Kegiatan ini adalah memberikan pelatihan pengenalan Aplikasi ArchiCAD dan Tekla sebagai salah satu aplikasi BIM kepada tenaga kerja konstruksi bidang arsitektur dan sipil,” tuturnya.

“Pelatihan BIM ini akan menggunakan aplikasi TEKLA yang sudah 3 dimensi. Saat ini di Kementerian PUPR juga sudah banyak menggunakan TEKLA ini,” ujarnya menambahkan.

Dia menambahkan peserta terbaik dari pelatihan ini akan diseleksi untuk mewakili Kaltara dalam ajang lomba BIM nasional yang akan diselenggarakan oleh Kementerian PUPR. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *