Disdukcapil Bulungan Mulai Terapkan IKD 

benuanta.co.id, BULUNGAN – Setelah mendapatkan instruksi dari pusat, Kabupaten Bulungan kini gencar melaksanakan pengaktifan dan menerapkan kartu tanda penduduk (KTP) berbasis digital. Utamanya dalam penerapan identitas kependudukan digital (IKD).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bulungan, Jamaluddin Saleh mengatakan hampir setiap saat Disdukcapil Bulungan melaksanakan layanan pengaktifan IKD kepada masyarakat.

“Sebenarnya setiap hari kami mengadakan pelayanan pengaktifan IKD,” ujarnya kepada benuanta.co.id, Ahad, 11 Februari 2024.

Baca Juga :  Capai 1.500 Jiwa, Warga Kampung Tias Minta Wilayahnya Menjadi Desa

Walaupun pihaknya sempat mendengarkan rumor IKD akan dihapuskan. Namun melihat kepentingan IKD yang cukup besar, maka layanan berbasis Android ini sepertinya akan tetap digaungkan.

“Ketika warga ini lupa bawa KTP, ternyata IKD yang sudah terpasang di handphone dapat diperlihatkan kepada yang meminta akses,” jelasnya.

Karena sifatnya yang sangat rahasia, maka IKD ini hanya pemilik yang dapat mengaksesnya dan ketika ada orang lain ingin melihat. Maka data identitas yang ada di IKD ini hanya dapat dilihat dalam waktu kurang lebih 1 menit.

Baca Juga :  Polisi Musnahkan Barbuk Sabu 15 Kg dan 3.400 Pil Ekstasi, Pelakunya Adik dan Kakak

“Dalam IKD ini tertera dokumen-dokumen yang sifatnya pribadi sekali, itu ada KTP dan KK didalamnya,” paparnya.

Sebagai bukti, pihaknya gencar melakukan sosialisasi. Salah satu yang telah dilakukan dengan melakukan pengaktifan IKD di salah satu perguruan tinggi di Tanjung Selor.

“Kami jemput bola, kemarin telah dilakukan di Universitas Kaltara,” sebutnya.

Karena tergolong baru, pihaknya belum dapat merincikan persentase IKD di Bulungan. Namun Disdukcapil Bulungan terus berupaya wilayah yang terdapat jaringan akan diterapkan IKD. (*)

Baca Juga :  Konsumsi Beras Bulog, Masyarakat Harus Membiasakan Diri

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *