BPBD se- Kaltara Terima Bantuan Perlengkapan dari Pusat

benuanta.co.id, TARAKAN – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat memberikan sejumlah bantuan perlengkapan untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se- Kalimantan Utara (Kaltara) pada Kamis, 8 Februari 2024 kemarin.

Pemberian bantuan tersebut secara langsung disaksikan oleh Gubernur Kaltara, Drs. Zainal Arifin Paliwang saat pembukaan Rapat Koordinasi Daerah Penanggulangan Bencana (Rakorda PB). Pada kesempatan tersebut, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto memberikan bantuan berupa Dana Siap Pakai (DSP) senilai Rp 250 juta kepada BPBD se-Kaltara, perahu karet, tenda pengungsi, genset, matras, selimut dan beberapa bantuan lainnya. Pemberian bantuan tersebut merupakan salah satu cara untuk meminimalisir bencana yang akan terjadi. Menurutnya, penanganan bakal lebih efektif jika persiapan  dimulai sebelum bencana itu terjadi.

Baca Juga :  Disdukcapil Kaltara Tahun Ini akan Gelar Isbat Nikah

“Kabupaten kota harus siapkan beberapa cadangan bantuan untuk menambah apa-apa yang diberikan Pemda,” ujarnya.

Berdasarkan prakiraan BMKG, cuaca Kaltara tidak begitu eksream dibandingkan daerah lainnya. Curah hujan di Kaltara masuk kategori menengah atau waspada. Kendati demikian, dia berharap kepada seluruh pihak terkait untuk tidak lengah.

“Jangan menyerah kepada keadaan dan jangan lengah. Kalaupun itu terjadi banjir dampaknya harus lebih minim,” harapnya.

Baca Juga :  RSUD JSK Bakal Gelar Forum Konsultasi Publik

Harapannya, ketika bantuan itu disiapkan saat terjadi banjir, BPBD dapat bergerak cepat  dan tidak lagi menunggu bantuan dari Pemda.

“Jangan menunggu lama-lama, jangan masyarakat sudah menerima dampak bencana kita nya lambat. Rehabilitasi rekonstruksi dimaksudkan agar bencana tidak terulang dan dampak dapat diminimalisir,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *