Kembali Distribusikan Logistik Pemilu, KPU Nunukan Kerahkan LCT

benuanta.co.id, NUNUKAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nunukan mengutamakan pendistribusian logistik Pemilu ke wilayah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T). Mempermudah ditribusi ini, KPU Nunukan bahkan mengerahkan Landing Craft Tank (LCT).

Setalah melakukan pendistribusian logistik Pemilu perdana pada (3/2/2024) lalu ke 5 kecamatan yang ada di daratan tinggi Krayan dengan menggunakan pesawat udara, KPU kembali mendistribusikan logistik ke 5 kecamatan lainnya yang ada di wilayah empat pada Jumat, 9 Februari 2024 dini hari.

“Alhamdulillah sejauh ini berjalan dengan lancar, ini sudah masuk tahapan yang ketiga. Tahapan pertama itu untuk 5 kecamatan di Krayan, tahapan kedua tadi dini hari sudah kita distribusikan ke Kecamatan Sembakung Atulai, Lumbis, Lumbis Ogong, Lumbis Pansiangan dan Lumbis Hulu,” kata Ketua KPU Nunukan, Rahman kepada benuanta.co.id, Jumat (9/2/2024).

Baca Juga :  Sahroni Dengar Isu Hadi Tjahjanto akan Dilantik jadi Menko Polhukam

Sedangkan untuk tahapan ketiga, diakuinya saat ini tengah berlangsung persiapan pendistribusian untuk Kecamatan Sei Menggaris, Sembakung, Sebuku dan Tulin Onsoi. Sedangkan untuk 5 kecamatan yang ada di Pulau Sebatik logistik akan distribusikan pada (11/2/2024) mendatang.

“Memang untuk logistik Pemilu ini kita lebih awal pendistribusiannya untuk wilayah 3T, karena akses kesannya yang cukup sulit, seperti Krayan hanya bisa diakses melalui jalur udara, kemudian yang tadi malam itu melalui jalur sungai kita menggunakan kapal LCT,” ungkapnya.

Baca Juga :  Ganjar Tepis Isu Mahfud tidak Dukung Hak Angket

Bahkan, dalam pendistribusian logistik di daratan tinggi Krayan, diakuinya sedikit mengalami kendala pada transportasi darat. Sebab, seluruh logistik diturunkan di Long Bawan, Krayan Induk. Sedangkan untuk pendistribusian selanjutnya ke 4 kecamatan lainnya harus menggunakan jalur darat.

“Teman-teman yang membawa logistik ke Krayan Tengah itu sempat bermalam di jalan, karena akses jalannya yang rusak parah, jadi kendalanya di situ,” ucapnya.

Sementara itu, untuk Kecamatan Nunukan dan Kecamatan Nunukan Selatan, logistik rencananya akan didistribusikan pada 12 dan 13 Februari mendatang. Sementara itu, Kapolres Nunukan AKBP Taufik Nurmandia mengatakan, untuk memastikan logistik Pemilu sampai dengan aman sejumlah kecamatan, pihaknya menurunkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan.

Baca Juga :  Polres Tarakan Pastikan Perketat Penjagaan saat Pelaksanaan PSU di TPS 57 

“Ada beberapa wilayah yang akses kesannya rawan, seperti yang lewat jalur sungai ini, makanya kita turunkan beberapa personel bersenjata untuk ikut mengawal pendistribusian logistik ini,” ungkap Taufik.

Adpuan, logistik kotak surat suara yang didistribusikan terdiri dari surat suara Presiden, DPD RI, DPR Provinsi, DPR RI, kemudian DPRD Kabupaten yang akan didistribusikan untuk 763 TPS di 21 Kecamatan yng ada di Kabupaten Nunukan. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *