Ruas Jalan Gunung Seriang Peso dan Jalan Pelabuhan Manjuaring Kembali akan Dikerjakan

benuanta.co.id, BULUNGAN – Beberapa ruas jalan yang sebelumnya telah dikerjakan pada tahun 2023, pada tahun ini kembali direncanakan untuk dilanjutkan. Salah satunya ruas Jalan Gunung Seriang – Long Peso dan ruas jalan yang menuju Pelabuhan Manjuaring di wilayah Pesawan Selimau III.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPR Perkim) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Helmi menjelaskan jika ruas jalan yang telah dikerjakan sebelumnya berlanjut.

Baca Juga :  PUPR-Perkim Kaltara Bangun Jembatan Hubungkan Long Bawan-Lembudud-Long Layu

“Jadi, ruas Jalan Gunung Seriang Peso ini kita kerjakan kembali,” ucap Helmi kepada benuanta.co.id, Rabu, 14 Februari 2024.

Terkait prosesnya, masih dalam tahap proses lelang. Terkait panjang ruas yang akan dikerjakan masih dalam hitungan. Pasalnya selama 2 tahun belakang yakni 2022 dan 2023 panjang ruas yang telah ditangani yakni 10 kilometer.

Untuk rinciannya tahun 2023 sepanjang 6.473 meter atau 6,47 kilometer sedangkan tahun 2022 pada ruas ini telah rampung sepanjang 3.527 meter atau 3,52 kilometer sehingga total fungsional nantinya 10 kilometer.

Baca Juga :  Jaringan Air Bersih akan Terpasang di Kota Baru Mandiri

“Panjang jalan menuju Peso itu 125 kilometer. Kemudian jalan ke Pelabuhan Manjuaring juga kita rencanakan lagi untuk dikerjakan pada tahun ini,” tuturnya.

Untuk diketahui, pembangunan dan peningkatan jalan menuju ke lokasi Pelabuhan Manjuaring tahun 2023 menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2023 sebesar Rp 16,91 miliar.

Jalan yang dikerjakan tahun 2023 kurang lebih 2 kilometer dengan lebar eksisting jalan 24 meter. Pengerjaan jalan harus selesai hingga ke pelabuhan sepanjang 8,5 kilometer. (*)

Baca Juga :  PUPR-Perkim Kaltara Bangun Jembatan Hubungkan Long Bawan-Lembudud-Long Layu

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *