Kebakaran Lahan, Kebun Pete di Jalan Panamas Hangus Terbakar

benuanta.co.id, NUNUKAN – Kebakaran hutan dan ladang kembali terjadi di Jalan Panamas Kelurahan Mansapa pada Selasa (30/1/2023). Kepala sub bagian informasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nunukan, Basir mengatakan, pihaknya menerima laporan dari sekira pukul 14.00 Wita, lahan perkebunan warga di daerah tersebut terbakar.

“Jadi awalnya itu warga di sana melapor ke UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan diinformasikan juga ke kita,” kata Basir kepada benuanta.co.id, Rabu (31/1/2024).

Baca Juga :  Bakal Gelar Pawai Budaya di Nunukan, Polres Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Dikatakannya, petugas yang mencoba melakukan proses pemadaman mengalami kendala ketika menuju lokasi kejadian. Sebab, tidak ada akses jalan yang bisa dilalui oleh kendaraan roda empat.

Belum lagi, areal lahan warga yang terbakar harus melewati gunung dan lembah, sehingga proses pemadamannya baru bisa dilakukan sekira pukul 15.30 Wita hingga 19.00 Wita.

“Jadi lahan yang terbakar ini kebun Pete milik warga di sana, informasinya ada tetangganya di kebun yang membakar lahan namun api yang tertiup angin kencang langsung merembet ke lahan yang lainnya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Nekat Selundupkan Sabu dalam Kemasan Teh, IRT Ini Berujung Penjara

Diungkapkannya, adapun personel yang membantu proses pemadaman yakni dari polisi 1 orang, TNI 2 orang, personel KPH sebayak 20 orang dan BPBD Nunukan sebanyak 17 orang.

Sementara itu, Basir mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan luasan lahan yang hangus terbakar, lantaran pihak UPTD KPH Nunukan baru akan melakukan perhitungan total lahan yang terbakar.

Baca Juga :  Tak Betah Kerja di Malaysia, PMI Ini Kabur Lewat Jalur Darat Perbatasan Krayan

“Untuk total luasannya masih proses perhitungan, karena medannya yang cukup sulit dilalui, begitu dengan penyebab pastinya masih dilakukan pemeriksaan oleh pihak yang berwajib,” pungkasnya.(*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2639 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *