Calon Jemaah Haji Tarakan Mulai Manasik Haji

benuanta.co.id, TARAKAN – Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Tarakan mulai melaksanakan rangkaian manasik haji dengan melakukan serangkaian persiapan di antaranya manasik haji, dengan latihan fisik bagi calon jemaah haji di Gedung Asrama Haji Transit Kota Tarakan.

Meski belum ada jadwal pasti terkait keberangkatan para jemaah haji ke Tanah Suci Mekkah, namun diperkirakan keberangkatan akan dilaksanakan pada Mei mendatang. Hanya tersisa kurang lebih 4 bulan untuk jemaah haji mempersiapkan fisik dan kesehatan.

Baca Juga :  Seni Reog Ponorogo Margo Mulyo dan Jaranan Margo Budoyo Gelar Grebeg Suro Bulan Purnama

Kepala Kantor Kanwil Kemenag Cabang Tarakan, H.Iramsyah Noor mengungkapkan untuk manasik haji sendiri dimulai Januari 2024 setelah rapat bersama Kanwil Kemenag Kaltara. Di Tarakan sendiri tahun ini mendapat tambahan kuota kurang lebih 9 orang, sehingga total jemaah ada 159 orang.

“Kita lihat apakah jemaah akan bertambah, karena ada penambahan secara nasional. Dan juga penambahan ini ada kuota, jemah haji di Kaltara dan khusus di Tarakan. Yang jelas jatah 159 naik dari tahun kemarin hanya 150 orang bersama lansia. Ada kenaikan 9 orang,” sebut H. Iramsyah Noor.

Baca Juga :  Terdakwa Sabu 5 Kg Dituntut Jaksa 17 Tahun Penjara

Lanjutnya, rangkaian manasik haji telah dimulai, proses pertama dilakukan dengan  melihat kesehatan jemaah haji, senam jantung sehat, setiap minggu rutin dan dibarengi bimbingan manasik haji yang lain.

“Persyaratan lainnya, wajib melaksanalan vaksin meningitis. Untuk jadwal pemberangkatan diperkirakan kloter pertama berangkat Mei 2024 namun tanggal belum dipastikan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Baca Juga :  Bawaslu Kaltara Gandeng PTTUN Sosialisasikan Sengketa dan Pelanggaran Pilkada

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *