PWI Nunukan Bikin Training of Trainer bagi Jurnalis

benuanta.co.id, NUNUKAN – Jalankan program prioritas, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Nunukan melaksanakan Training of Trainer (ToT) pendalaman materi jurnalistik, pada Ahad (28/1/2024).

Sekretaris PWI Nunukan, Taufik mengatakan, kegiatan training ini dilaksanakan untuk memberikan pembekalan calon trainer pada kegiatan-kegiatan pelatihan jurnalistik.

“Ini merupakan salah salah satu program prioritas PWI Nunukan yang akan kita jalankan tahun ini,” kata Taufik.

Dikatakannya, dengan adanya pendalaman materi jurnalistik ini, kiranya dapat menjadi bekal dan kesiapan bagi anggota PWI Nunukan dalam mengisi kegiatan-kegiatan jurnalistik yang akan digelar mitra-mitra PWI yang ada di Nunukan seperti di sekolah, perguruan tinggi, organisasi, instansi maupun lembaga-lembaga lainnya.

Baca Juga :  Bakal Gelar Pawai Budaya di Nunukan, Polres Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Diungkapkannya, dalam waktu dekat ini, PWI Nunukan akan mengisi sejumlah pelatihan jurnalistik pada Februari dan Maret mendatang.

Nantinya, materi pelatihan yang akan disajikan yakni mulai dari Undang-undang Pokok Pers No 40 tahun 1999, Kode Etik Jurnalistik, Management Keredaksian, Penulisan hingga Pendalaman Komunikasi.

Tak hanya itu, lanjut Taufik, PWI Nunukan kini telah menyiapkan materi-materi yang menunjang kebutuhan sosial media dan teknis pemanfaatan sarana digital dalam menghasilkan atau menyebarluaskan karya tulis, foto maupun video.

Baca Juga :  Puskesmas Krayan Tengah Dibangun Tahun Ini

“Nantinya ToT ini akan dilaksanakan untuk seluruh pengurus dan anggota PWI Nunukan secara bertahap,” jelasnya.

Sehingga, Taufik berharap seluruh anggota PWI Nunukan dapat menggunakan program ini sebagai sarana mengaktualisasi diri yang kemudian diaplikasikan ke masyarakat.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Nunukan, Adharsyah menyampaikan, jenjang pendidikan di wilayah perbatasan perlu mendapat dorongan melalui kegiatan-kegiatan literasi.

Yang mana, peran ini dapat diupayakan PWI melalui pelatihan-pelatihan maupun lomba berbasis literasi.

“Selain itu, PWI Nunukan juga membuka ruang kolaborasi yang seluas-luasnya kepada pihak yang peduli terhadap pendidikan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Iraw Ajang Pererat Silaturahmi Suku Tidung di Empat Serumpun

Bahkan, Adharsyah mengatakan jika saya ini, salah satu contohnya yang tengah berjalan ialah PWI Nunukan mengadakan lomba karya tulis pada jenjang SMA sederajat di Kabupaten Nunukan.

“Tentunya Kegiatan ini untuk memantik minat anak-anak usia sekolah terhadap aktivitas menulis dan menghasilkan sebuah karya tulis,” pungkasnya.(*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2631 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *