30.312 KPM di Kaltara Terima Bantuan 1.818 Ton Beras

benuanta.co.id, BULUNGAN – Bantuan pangan berupa beras kembali diguyur ke puluhan ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) pada tahun 2024 ini. Bantuan tersebut akan instruksi Presiden RI Joko Widodo sebagai bentuk penguatan daya beli masyarakat dan pengendalian inflasi di wilayah tersebut.

Untuk launchingnya langsung dilaksanakan oleh Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang dengan memberikan bantuan beras kepada warga, dimana masing-masing KPM menerima 10 kilogram per bulan.

Gubernur Zainal mengatakan bantuan pangan ini sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 125 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah.

“Saya bersyukur Kaltara dapat bantuan beras pemerintah, jumlahnya 1.818 ton dan ini kita membagi kepada seluruh kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Kaltara,” sebutnya kepada benuanta.co.id, Senin, 29 Januari 2024.

Dia menuturkan jika penerima bantuan sudah dipilih dan dipastikan sesuai dengan kriteria yang telah diatur oleh pemerintah. Program ini direncanakan akan berlangsung selama 6 bulan, mulai dari Januari hingga Juni 2024, dan ditujukan bagi masyarakat yang betul-betul membutuhkan bantuan pangan.

“Saya minta, agar manfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya jangan diperjualbelikan. Pasti rugi, saat penerima menjualnya pasti murah tapi saat membutuhkan akan lebih mahal,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kaltara, Heri Rudiyono menjelaskan bahwa bantuan beras ini berasal dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan akan disediakan oleh Bulog dan PT POS sebagai penyalur disetiap bulannya.

“Jadi, sebanyak 30.312 KPM di seluruh kabupaten kota akan menerima bantuan beras ini,” paparnya.

Kata dia, bantuan dari Bapanas ini turun langsung ke DPKP Kaltara. Ini dilakukan dalam rangka menurunkan angka kemiskinan ekstrem di wilayah tersebut. Heri menuturkan jika terdapat pengurangan jumlah penerima bantuan dari tahun lalu.

“Tahun lalu terdapat 31 ribu KPM, saat ini menjadi 30 ribu KPM,” ucap Heri.

Dia menambahkan setiap KPM menerima 10 kilogram beras setiap bulan, artinya setiap satu KPM mendapatkan sebanyak 60 kilogram selama enam bulan. Melalui program Bantuan Pangan untuk KPM ini, pemerintah bersama-sama berupaya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan di Provinsi Kaltara.

“Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan membawa manfaat besar bagi pemulihan ekonomi di Kaltara,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2654 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *